Text
KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-ULA III DESA PAMOROH KECAMATAN KADUR KABUPATEN PAMEKASAN
Mathuri. 2018. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ula III Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: Dr. H. Moh Muchlis Solichin, M.Ag.
Kata Kunci: Kedisiplinan Guru, Kode Etik Keguruan.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ula III Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan? (2) Bagaimana hasil dari upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ula III Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ula III Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Kepala dan Guru Madrasah Tsanawiyah Al-Ula III. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif-kualitatif.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Upaya-upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ula III Desa Pamoroh adalah dengan mengadakan supervisi terhadap guru, menegur dan men-supervisi kesalahan guru, mengawasi dan menilai guru, mengawasi kedisiplinan guru, mengadakan rapat guru, mengikutsertakan guru dalam kegiatan MGBS atau MGMP, mengikutsertakan guru dalam kegiatan pelatihan atau seminar, dan menyediakan fasilitas internet. (2) Hasil dari upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru adalah kompetensi guru dalam mengajar sudah sesuai dengan keahlian atau bidangnya masing-masing, mampu menggunakan metode pengajaran yang cocok serta menciptakan lingkungan belajar yang baik, guru mempersiapkan terlebih dahulu rencana pengajaran, menyusun persiapan pembelajaran, menggunakan media pembelajaran serta dalam memberikan materi pelajaran sudah sesuai dengan tujuan yang ada dalam kurikulum (GBPP), mampu memanfaatkan media pembelajaran secara efektif. (3) Faktor pendukung kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ula III adalah adanya kebersamaan dalam pengelolaan kurikulum dan proses belajar mengajar, dan adanya sarana dan prasarana yang menunjang sehingga kegiatan proses belajar-mengajar berjalan dengan lancar. Sedangkan faktor penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ula III adalah adanya kemampuan dan persepsi yang berbeda-beda dari siswa sehingga guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar karena tingkat kecerdasan dan jiwa psikologis siswa berbeda-beda, masalah dana pendidikan, dan peran serta masyarakat yang masih rendah.
Tidak tersedia versi lain