Text
MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN KERTAGENA LAOK I KADUR PAMEKASAN
Hazizah 20187, Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Kertagena Laok I Kadur Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing H. Mohammad Hasan, M.Ag
Kata Kunci: Minat Belajar Siswa, Pembelajaran PAI
Dalam kegiatan belajar, minat mempunyai peranan yang sangat penting. Bila seorang siswa tidak memiliki minat dan perhatian yang besar terhadap objek yang dipelajari maka sulit diharapkan siswa tersebut akan tekun dan memperoleh hasil yang baik dari belajarnya. Sebaliknya, apabila siswa tersebut belajar dengan minat dan perhatian besar terhadap objek yang dipelajari, maka hasil yang diperoleh lebih baik. Oleh karena itu minat mempunyai pengaruh yang besar dalam belajar karena bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa maka siswa tersebut tidak akan belajar dengan sebaik – baiknya.
Oleh karena itu ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, 1) Bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Kertagena Laok I Kadur Pamekasan. 2) Bagaimana minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Kertagena Laok I Kadur Pamekasan. 3) Apa saja faktor – faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Kertagena Laok I Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data adalah Kepala Sekolah, Guru dan siswa SDN Kertagena Laok I Kecamatan Kadur kabupaten Pamekasan. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data adalah ketekunan pengamatan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, dalam pelaksanaan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan bahwa sebagian besar siswa antusias dan aktif mengikuti proses pembelajaran. Tetapi ada beberapa siswa yang masih mempunyai minat yang rendah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kedua, Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar terhadap pelajaran PAI yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran dan strategi belajar mengajar yang tepat dan menarik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Kertagena Laok I berjalan dengan baik, lancaran dan kondusif. 2) Minat siswa SDN Kertagena Laok I dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat besar. 3) faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa antara lain motivasi, Belajar, Bahan Pelajaran dan Sikap Guru, Keluarga, Teman Pergaulan, Lingkungan, Cita-cita, Bakat, Hobi, Media Massa dan Fasilitas.
Tidak tersedia versi lain