Text
KOMPETENSI ACCOUNT OFFICER SEBAGAI PENGENDALI MORAL HAZARD NASABAH PADA PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
Hafshoh Amelia, 2018, “Kompetensi Account Officer Sebagai Pengendali Moral Hazard Nasabah Pada Pembiayaan Mudharabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan”, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, IAIN Madura, Pembimbing: H. Mohammad Bashri Asy’ari, MA.
Kata kunci: Kompetensi Account Officer, BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan
PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dengan nama Sarana Prima Mandiri (SPM) pamekasan merupakan bank yang menyediakan berbagai macam produk pembiayaan yang salah satunya adalah pembiayaan mudharabah. Pembiayaan mudharabah adalah akad kerja sama antara dua pihak, dimana pihak pertama (shahibul maal, atau Bank Syariah) menyediakan seluruh modal dan pihak lain menjadi pengelola (mudharib, atau nasabah).
Yang namanya pembiayaan pasti tidak luput dari yang namanya sebuah risiko yang salah satunya adalah moral hazard. Maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah: pertama, cara/metode pengendali moral hazard nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, kedua, indikasi dan bentuk moral hazard nasabah pada pembiayaan mudharabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, ketiga, Upaya account officer untuk mengungkap adanya moral hazard nasabah, dan keempat, Upaya account officer untuk menanggulangi adanya moral hazard nasabah. Sedangkan peda penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dalam hal ini peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah para karyawan account officer BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, cara/metode pengendali moral hazard yang muncul dalam pembiayaan. yang pertama dengan menggunakan analisis 5C, yaitu: Character, Capacity, Capital,Condition Of Economy, dan Collateral, selain itu account officer pada BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan juga melakukan upaya dengan cara: meminta data yang pas dan konkrit, seperti KTP, KK, dan lainnya, meminta SPK, memfoto barang jaminan, melakukan BI Checking dan memonitoring. Kedua, Indikasi dan bentuk moral hazard nasabah pada pembiayaan mudharabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan adalah molornya pekerjaan. Ketiga, Upaya yang di lakukan account officer untuk mengungkap adanya moral hazard nasabah pada pembiayaan mudharabah DI BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan yaitu dengan melakukan survei langsung ke lokasi dan menanyakan tentang proyek tersebut kepada orang-orang sekitar proyek. Keemmpat, Upaya BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan untuk menanggulangi adanya moral hazard nasabah pada pembiayaan mudharabah antara lain sebagai berikut: Melakukan pendekatan dengan nasabah (musyawarah secara kekeluargaan), Penjadwalan kembali, dan Eksekusi.
Tidak tersedia versi lain