Text
Peranan Guru Akidah Akhlaq dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MI Sumber Mas Rombiya Barat Ganding Sumenep
ABSRAK
Durriyah, 2018, Peranan Guru Akidah Akhlaq dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MI Sumber Mas Rombiya Barat Ganding Sumenep, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing : Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci : Akidah Akhlaq, Kedisiplinan
Akidah Akhlaq dan pendidikan adalah dua hal yang saling berhubungan. Melalui mata pelajaran Akidah Akhlaq, manusia diarahkan menjadi manusia yang beriman dan beretika sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Proses pengembangan manusia adalah melalui pendidikan. Karena dengan pendidikan orang akan menjadi lebih memahami dan lebih mampu baik dari segi kecerdasan maupun sikap mentalnya. Akan tetapi pada kenyataannya, Pendidikan Agama Islam di sekolah masih dianggap kurang memberikan kontribusi kearah tersebut. Kelemahan pendidikan keagamaan masih terfokus pada ranah kognitif dan masih kurang menyentuh ranah afektif serta ranah psikomotorik. Padahal untuk tercapainya insan kamil pendidikan keagamaan harus bisa menyetuh seluruhnya, baik ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Kondisi semacam ini juga terjadi di MI Sumber Mas Rombiya Barat Ganding Sumenep. Realitas yang terjadi, siswa MI Sumber Mas Rombiya Barat Ganding Sumenep dapat memahami dan berfikir pentingnya kedisiplinan, namun dalam mengaplikasikan sikap disiplin tersebut mereka cenderung melihat faktor situasional dan faktor siapa orang yang akan menerima efek sikap tersebut.
Ada tiga permasalahan yang menjadi fokus dalam penlitian ini. Pertama, bagaimanakah penerapan mata pelajaran Akidah Akhlaq di MI Sumber Mas. Kedua, bagaimanakah interaksi guru dan siswa dalam mata pelajaran Aqkidah Akhlaq di MI Sumber Mas. Ketiga, bagaimanakah peranan guru Akidah Akhlaq dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MI Sumber Mas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru, Staf TU dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi.
Hasil Penelitian yang didapat dari penelitian ini adalah : Pertama, penerapan materi Akidah Akhlaq di MI Sumber Mas tercermin dalam pokok-pokok bahasan antara lain mengenai akidah, syariah dan akhlaq. Kedua, Interaksi guru dan siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlaq berjalan cukup baik. Pola interaksi yang terjadi meliputi pola pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centris), pola pembelajaran yang berpusat pada murid (student centris) dan pola pembelajaran yang mamadukan antara keduanya. Penerapan mata pelajaran Akidah Akhlaq untuk meningkatkan sikap disiplin tersebut dilakukan dengan pendekatan ketauladanan, pembiasaan dan latihan, dengan nasehat dan pengawasan.
Tidak tersedia versi lain