Text
Pembelajaran dengn Metode Pesantren di PAUD Sumber Mas Rombiya Barat Ganding Sumenep,
ABSTRAK
Farhanah, 2018, Pembelajaran dengn Metode Pesantren di PAUD Sumber Mas Rombiya Barat Ganding Sumenep, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing : Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci : Pemnelajaran, Metode Pesantren
Proses pengembangan manusia adalah melalui pendidikan. Karena dengan pendidikan orang akan menjadi lebih memahami dan lebih mampu baik dari segi kecerdasan maupun sikap mentalnya. Pembelajaran Metode pesantren terfokus pada ranah kognitif, ranah afektif serta ranah psikomotorik untuk menjamin bahwa proses pembelajaran tidak salah sasaran. Kondisi semacam inilah yang dilakukanterjadi di PAUD Sumber Mas Rombiya Barat Ganding Sumenep. Realitas yang terjadi, guru PAUD Sumber Mas Rombiya Barat Ganding Sumenep dapat menerapkan pembelajarn dengan Metode pesantren di PAUD Sumber Mas Rombiya Barat ganding Sumenep..
Ada dua permasalahan yang menjadi fokus dalam penlitian ini. Pertama, bagaimana pembelajaran dengan metode pesantren di PAUD Sumber Mas Rombiya Barat Ganding Sumenep. Kedua, apa saja kesulitan-kesulitan dalam pembelajarandengan metodepesantren di PAUD Sumber Mas Rombiya Barat Ganding Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru, dan wali siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi.
Hasil Penelitian yang didapat dari penelitian ini adalah : Pertama, kurikulum yang diterapkan di PAUD Sumber Mas adalah kurikulum yang dikombinasikan antara kurikulum dinas dan pesantren. Akan tetapi penerapan kuriulum pesantren lebih besar dibandingkan kurikulum dinas. Kedua, Interaksi guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran yang berlangsung dapat terjadi secara baik dan kondusif. Pola interaksi yang terjadi meliputi pola pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centris), pola pembelajaran yang berpusat pada murid (student centris) dan pola pembelajaran yang mamadukan antara keduanya. Penerapan mata pelajaran Akidah Akhlaq untuk meningkatkan sikap disiplin tersebut dilakukan dengan pendekatan ketauladanan, pembiasaan dan latihan, dengan nasehat dan pengawasan. Ketiga, pembelajaran dengan Metode pesantren di PAUD Sumber Mas dapat berjalan dengan baik dan efektif.
Tidak tersedia versi lain