Text
Upaya Guru Dalam Mengembangkan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SDI Al Kautsar Rombiya Timur Ganding Sumenep
ABSTRAK
Thayyibatin, 2018, Upaya Guru Dalam Mengembangkan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SDI Al Kautsar Rombiya Timur Ganding Sumenep, Skripsi, Program Studi PAI , Jurusan Tarbiyah, Pembimbing : Dr. Buna’i, S.Ag, M. Pd.
Kata Kunci : Upaya, Belajar Anak
Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) merupakan pelajaran yang sangat mendasar dan penting karena di dalamnya terdapat nilai nilai ajaran agama Islam yang harus dilaksanakan dan dikembangkan. Pendidikan agama Islam bertujuan untuk menjadikan manusia yang beriman bertaqwa dan berakhlakul karimah..Akan tetapi Pendidikan Agama Islam di sekolah masih dianggap kurang memberikan kontribusi ke arah tersebut. Kelemahan Pendidikan keagamaan masih terfokus pada ranah kognitif dan masih kurang menyentuh pada ranah efektif serta ranah pskimotorik. Kondisi semacam ini terjadi pada siswa/siswi SDI Al Kautsar Rombiya Timur Ganding Sumenep. Realitas yang terjadi siswa/siswi SDI Al Kautsar Rombiya Timur Ganding Sumenep dapat memahami dan berfikir pentingnya pembelajaran agama Islam, namun dalam mengaplikasikannya, mereka cenderung melihat faktor situasi dan kondisi.
Ada tiga permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana upaya mengembangkan belajar peserta didik pada Pelajaran Agama Islam di SDI Al Kautsar . Kedua bagaimana interaksi guru dengan peserta didik pada Pelajaran Agama Islam di SDI Al Kautsar. Ketiga, apa saja penghambat guru dalam mengembangkan belajar peserta didik pada Pelajaran Agama Islam di SDI Al Kautsar
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara , observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, dan guru. Sedangkan pengecekan keabsahann data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi.
Hasil penelitian yang didapat adalah Pertama, pengembangan belajar siswa tercemin dalam kegiatan belajar mengajar lebih disiplin dan terorganisasi. Kedua interaksi guru dengan murid berjalan lebih baik . Pola interaksi yang terjadi meliputi pola pembelajaran yang terpusat pada guru, pola pembelajaran yang berpusat pada murid dan pola yang memadukan keduanya. Ketiga faktor penghambat dalam pengembangan belajar peserta didik dalam Pelajaran Agama Islam lambat laun dapat teratasi dengan kematangan guru dalam mengajar, penambahan ekstrakurikuler bidang PAI dan penambahan fasilitas sarana dan prasarana pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Tidak tersedia versi lain