Text
Penegakan Kedisiplinan Sebagai Upaya Mewujudkan Akhlakul Karimah Siswa di MTs Al-Husen Desa Bangkes Kec. Kadur Kab. Pamekasan,
ABSTRAK
Ahmad Zainul Mahmud, 2018, Penegakan Kedisiplinan Sebagai Upaya Mewujudkan Akhlakul Karimah Siswa di MTs Al-Husen Desa Bangkes Kec. Kadur Kab. Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: Dr. Buna’i, S.Ag., M.Pd.
Kata kunci: penegakan kedisiplinan dan akhlakul karimah
Akhlak akan dipengaruhi oleh dua hal seperti yang telah dinyatakan dalam teori konfergensi, bahwa akhlak itu dipengaruhi oleh faktor pembawaan dan faktor lingkungan. Keduanya mungkin saja akan kalah salah satu, kalau tidak faktor pembawaan mungkin faktor lingkungan yang akan kalah. Akan tetapi realita yang terjadi pada saat ini faktor lingkungan yang lebih kuat mempengaruhi akhlak manusia.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana peran guru dalam penegakan kedisiplinan siswa di MTs Al-Husen Bangkes Kadur Pamekasan; kedua, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penegakan kedisiplinan siswa di MTs Al-Husen Bangkes Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, guru PAI dan guru kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Peran guru dalam penegakan kedisiplinan siswa di MTs Al-Husen Bangkes Kadur Pamekasan antara lain: a) Ketepatan guru saat datang ke sekolah, disini guru memberikan teladan mengusahakan datang ke sekolah tepat waktu. b) Tutur kata dan bahasa yang baik dan sopan, baik dalam penyampaian pembelajaran maupun dalam keseharian di lingkungan sekolah. c) Cara berpakaian guru sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang berlaku, guru selalu memberikan contoh memakai seragam dengan baik dan sopan. d) Selalu bersalaman dengan sesama guru lain ketika masuk ke ruang guru, di sini guru selalu meneladankan dan memberikan contoh dengan cara selalu bersalaman dengan sesama guru dan siswa. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat dalam penegakan kedisiplinan di MTs Al-Husen Bangkes Kadur Pamekasan adalah a) Adanya kontrol dari Kepala Sekolah secara langsung antara lain: dengan terlibat langsung dan dengan melalui evaluasi rutin, b) Adanya peran aktif dari para guru, c) Adanya peran aktif dari orang tua siswa, d) Kesadaran para siswa, dan e) Adanya kekompakan antara kepala sekolah dengan para guru. Adapun faktor penghambatnya adalah a) Pengaruh lingkungan keluarga yang kurang bisa membagi waktu dengan baik karena kesibukan pekerjaan dan b) pengaruh lingkungan masyarakat yang kurang baik.
Tidak tersedia versi lain