Text
“Pengaruh Pengetahuan Etika Bisnis Islami dan Religiusitas Terhadap Perilaku Pedagang Baju di Pasar 17 Agustus Pamekasan
ABSTRAK
Amirotus Zulfiyah, 2018 “Pengaruh Pengetahuan Etika Bisnis Islami dan Religiusitas Terhadap Perilaku Pedagang Baju di Pasar 17 Agustus Pamekasan”. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Lely Shofa Imama, M.S.I.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islami, Religiusitas, Perilaku Pedagang
Islam tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah).Islam juga memberikan semangat kesadaran nilai yang menjiwai seluruh aktivitas muamalah manusia. Etika dan bisnis yang diilhami oleh ajaran ketuhanan melarang para pebisnis untuk melakukan tindakan bisnis yang merugikan orang lain. Pasar 17 Agustus merupakan salah satu pasar tradisional yang ada di Pamekasan. Pasar tradisional mempunyai peranan penting bagi perekonomian Indonesia. Dengan adanya pasar tradisional sangat membantu perekonomian masyarakat yang mempunyai profesi sebagai penjual untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pasar ini juga disebut sebagai pasar batik tradisional Pamekasan.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: pertama,untuk mengetahui apakah secara parsial pengetahuan etika bisnis Islami dan religiusitas berpengaruh terhadap perilaku pedagang baju di Pasar 17 Agustus Pamekasan. Kedua, Untuk mengetahui apakah secara simultan pengetahuan etika bisnis Islami dan religiusitas berpengaruh terhadap perilaku pedagangbaju di Pasar 17 Agustus Pamekasan. Ketiga, Untuk mengetahui variabel yang paling dominanberpengaruh terhadap perilaku pedagang baju di Pasar 17 Agustus Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis regresi linear berganda, dan bantuan alat analisis SPSS 22. Jenis data yakni data primer. Respondennya 67 pedagang baju di pasar 17 agustus Pamekasan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu, kuesioner (angket) pembuktian hipotesis menggunakan uji asumsi klasik, uji f dan uji t, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai variabel pengetahuan etika bisnis Islami pertama, berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan bahwa thitung (0,938) < ttabel (1,668) dengan taraf signifikan 0,352 > 0,05, dalam artian variabel pengetahuan etika bisnis Islami tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang baju. Berdasarkan hasil uji t variabel religiusitas menunjukkan bahwa thitung (3.745) > ttabel (1,668) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05, dalam artian variabel religiusitas mempunyai pengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang baju. Kedua, Hasil uji f memperoleh fhitung 7,967 > ftabel 3,14 dengan taraf signifikan 0,001 < 0,05 menunjukkan bahwa variabel pengetahuan etika bisnis Islami dan religiusitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang baju. Ketiga, berdasarkan nilai koefisien regresi dari masing-masing variabel independent dan nilai pengujian hipotesis uji t menunjukkan bahwa variabel religiusitas merupakan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap perilaku pedagang baju.
Tidak tersedia versi lain