Text
Implementasi Metode Attanzil Dalam Pembelajaran Al Qur’an di RA Al-Hidayah Tentenan Timur Kec. Larangan Kab. Pamekasan
ABSTRAK
Amiruddin, 2018. Implementasi Metode Attanzil Dalam Pembelajaran Al Qur’an di RA Al-Hidayah Tentenan Timur Kec. Larangan Kab. Pamekasan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Dosen pembimbing: Dr. H. Nor Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Implementasi Metode Attanzil, Pembelajaran Al-Qur’an.
Al Qur’an merupakan Kitab Suci yang diturunkan oleh Allah SWT, kepada Nabi Muhammad SWT sebagai mu’jizat dan salah satu rahmat yang tiada taranya bagi alam semesta. Allah SWT menurunkan Kitab-Nya yang kekal Al Qur’an-agar dibaca oleh lidah-lidah manusia, didengarkan oleh telinga mereka, ditadaburi oleh akal mereka, dan menjadi ketenangan bagi hati mereka. begitu pentingnya peran Al Qur’an dalam membimbing dan mengarahkan kehidupan manusia, maka belajar membaca, memahami dan menghayati Al Qur’an untuk kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari merupakan kewajiban bagi setiap insan muslim. Namun sayangnya, fenomena yang terjadi saat ini tidaklah demikian. Masih banyak kaum muslim baik dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul yaitu, 1). bagaimanakah strategi guru dalam mengimplementasikan metode attanzil dalam pembelajaran Al Qur’an di RA. Al-Hidayah Tentenan Timur, 2). apa sajakah faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi metode attanzil dalam pembelajaran Al Qur’an di RA. Al-Hidayah Tentenan Timur Kec. Larangan Kab. Pamekasan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). untuk mengetahui strategi guru dalam mengimplementasikan metode attanzil dalam pembelajaran Al Qur’an dalam pembelajaran Al Qur’an di RA. Al-Hidayah Tentenan Timur, 2). untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan penghambat implementasi metode attanzil dalam pembelajaran Al Qur’an di RA. Al-Hidayah Tentenan Timur Kec. Larangan Kab. Pamekasan.
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif diskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, dan analisa datanya adalah diskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mendukung dalam mengimplementasi metode At-Tanzil antara lain yaitu tersedianya alat-alat peraga At-Tanzil. Saat ini alat peraga yang sering dan selalu digunakan adalah alat peraga At-Tanzil, hal ini dilakukan sebagai sarana untuk mensosialisasikan metode baru (At-Tanzil) kepada santri yang masih menggunakan metode Iqra’. Selain itu juga tersedianya kaset-kaset atau CD Murottal dengan beragam irama dalam pelaguan bacaan Al Qur’an. Jadi meskipun santri yang dulunya menggunakan metode Iqra’ dapat belajar tartil atau melagukan bacaan surat-surat pendek secara klasikal. Adapun faktor penghambatnya yaitu terletak pada materi bacaan mad yang seringkali terjadi pengulangan pada halaman-halaman tertentu. Hal tersebut terjadi karena santri merasa kebingungan atau lupa pada bacaan mana yang harus dibaca panjang serta mana yang harus dibaca pendek.
Tidak tersedia versi lain