Text
Pelaksanaan Evaluasi Materi Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatun Nasyiin Desa Grujugan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Jamilah, 2018, Pelaksanaan Evaluasi Materi Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatun Nasyiin Desa Grujugan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag.
Kata Kunci: Pelaksanaan Evaluasi Materi Pelajaran Al-Quran Hadits
Ada tiga fokus penelitian, pertama, Aspek-aspek apa saja yang di evaluasi Materi Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatun Nasyiin Desa Grujugan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan?. Kedua, Bagaimana pelaksanaan evaluasi Materi Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatun Nasyiin Desa Grujugan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan?. Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan evaluasi Materi Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatun Nasyiin Desa Grujugan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru agama dan siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk memperkuat hasil temuan dilakukan cek keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: Aspek-aspek yang di evaluasi Materi Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatun Nasyiin Desa Grujugan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan adalah aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Kedua: Pelaksanaan evaluasi Materi Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatun Nasyiin Desa Grujugan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan adalah meliputi empat: (1. perencanaan sebagai langkah awal, (2. pelaksanaan atau dengan memberikan tes kepada siswa, (3. pengolahan data atau pemberian nilai kepada hasil tes siswa, (4. adalah memberikan motivasi agar siswa bisa belajar dengan efektif. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan evaluasi Materi Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatun Nasyiin Desa Grujugan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan adalah perencanaan yang bagus yang dimiliki oleh guru di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatun Nasyiin Desa Grujugan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan, sarana, prasarana serta media yang dimiliki oleh sekolah seperti perlengkapan untuk praktek siswa, buku ajar dan buku pembantu lainnya sehingga mendukung evaluasi yang diberikan oleh guru terhadap siswa di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatun Nasyiin Desa Grujugan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan evaluasi Materi Pelajaran Al-Quran Hadits adalah pemeliharaan sarana, prasarana dan media yang kurang dimanfaatkan oleh siswa.
Tidak tersedia versi lain