Text
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus tentang Manajemen Kepala Sekolah di SDN Tanjung III Pademawu pamekasan),
ABSTRAK
Waki’ah, 2018, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus tentang Manajemen Kepala Sekolah di SDN Tanjung III Pademawu pamekasan), Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: H. Mohammad Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan Agama Islam.
Ketercapaian tujuan lembaga pendidikan sekolah sangat bergantung dari kecakapan dan kebijakan kepemimpinan kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Kepala sekolah merupakan pejabat profesional dalam mengelola organisasi sekolah sekaligus bertugas mengatur dan mengelola semua sumber, organisasi dan bekerjasama dengan komite sekolah, masyarakat, lembaga-lembaga lain serta stakeholder yang ada. Kepeminpinan kepala sekolah dalam mengembangkan dan mengelola sekolah harus memahami kebutuhan sekolah yang dipimpinnya termasuk kebutuhan guru, murid dan warga sekolah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana peran kepala sekolah dalam melaksanakan fungsinya untuk meningkatkan mutu sekolah di SDN Tanjung III Pademawu Pamekasan? kedua, apa strategi kepala sekolah untuk mencapai peningkatan mutu sekolah?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru PAI dan guru kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Kepala SDN Tanjung III Pademawu dalam menjalankan kepemimpinannya telah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motivator dengan berhasil baik. Kedua, Kepala SDN Tanjung III Pademawu mempunyai cara tersendiri dalam kepemimpinannya yaitu berusaha menyamakan cara berfikir beliau dengan semua pihak terkait kemudian penataan guru dengan melakukan rapat atau evaluasi dan berusaha meningkatkan dan memenuhi sarana dan prasarana pendidikan yang dibutuhkan dan yang juga sangat penting adalah pengambilan keputusan oleh kepala sekolah yang menghasilkan kebijakan-kebijakan yang tepat demi peningkatan mutu pendidikan di lembaga sekolah yang dipimpinnya.
Tidak tersedia versi lain