Text
Upaya Ibu Karier dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di TK Dharma Wanita Pagendingan Galis Pamekasan,
ABSTRAK
Sayurah, 2018, Upaya Ibu Karier dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di TK Dharma Wanita Pagendingan Galis Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: Dr. H. Atiqullah, S.Ag., M.Pd.
Kata Kunci: Ibu Karier dan Motivasi Belajar
Keluarga merupakan institusi yang pertama kali bagi anak dalam mendapatkan pendidikan dari orang tuanya. Jadi keluarga mempunyai peran penting dalam pembentukan akhlak anak, oleh karena itu keluarga harus memberikan pendidikan atau mengajar anak tentang akhlak mulia atau baik. Orang tua wajib mendidik anaknya dengan pendidikan yang baik agar anaknya nanti mendapatkan keuntungan dan menjadi cahaya matanya dan pahala bagi keduanya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana peran ibu karier dalam meningkatkan motivasi belajar anak di TK Dharma Wanita Pagendingan Galis Pamekasan; kedua, Apa saja hambatan peran ibu karier dalam meningkatkan motivasi belajar anak di TK Dharma Wanita Pagendingan Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, guru kelas dan orang tua. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Upaya ibu bekerja dalam meningkatkan motivasi belajar anak itu sangat penting terutama dalam peran seorang ibu karena setiap ibu itu perannya berbeda-beda. Bahkan lebih penting dari pada pekerjaan ibu karena dengan adanya motivasi belajar maka anak tersebut akan memiliki kemauan untuk semangat dalam belajar, bahkan setiap harinya ibu itu selalu mengatur waktunya, pagi-pagi pekerjaanya sebagai ibu rumah tangga kemudian dari jam 08.00 mengantarkan anak kesekolah setelah itu dari jam 10.00 ibu itu pekerja sebagai karyawan pabrik. Akan tetapi setiap ibu mempunyai cara khusus untuk meningkatkan motivasi belajar anak yaitu belajarnya tidak hanya di sekolah namun di rumah juga diajari bahkan diberikan bimbingan dan latihan. Kedua, Hambatan upaya ibu bekerja dalam meningkatkan motivasi belajar anak yaitu hambatannya itu karena sibuk dengan pekerjaan sehingga ibu itu harus membagi waktu antara sekolah dengan pekerjaan, bahkan ada juga yang minta ditunggu sampai pulang sekolah. Sehingga dalam hambatan ibu bekerja dalam meningkatkan motivasi belajar anak adalah untuk memberikan pengajaran yang baik ketika dirumah sehingga memiliki peningkatan yang baik dengan memberikan bimbingan, dorongan dan arahan sehingga anak itu giat dalam belajarnya.
Tidak tersedia versi lain