Text
PEMBELAJARAN KITAB TURATSDI SMP ISLAM TRUNOJOYO DESA LEPELLE KECAMATAN ROBATAL KABUPATEN SAMPANG
Rahmatul Hidayah, 2018, Pembelajaran Kitab Turats di SMP Islam Trunojoyo Desa Lepelle Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang, Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana STAIN Pamekasan, Pembimbing Dr. Maimun, S.Ag., M.H.I dan Dr. H. Mohammad Muchlis Solichin, M.Ag.
Katakunci: Pembelajaran, kitab turats
Kitab turats merupakan suatu mata pelajaran lokal yang diterapkan dalam beberapa sekolah sebagai mata pelajaran tambahan. Dalam pembelajaran kitab turats, diperlukan sosok guru yang memiliki integritas keilmuan yang mumpuni terutama dalam penyajiankannya kepada siswa yang bersifat heterogen. Dengan demikian, kitab turats yang umumnya menjadi materi pokok pondok pesantren, akan memberikan nilai lebih tersendiri jika diterapkan pada lembaga pendidikan formal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi partisipan, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Sementara analisis datanya terdiri dari reduksi data, display data dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan pembelajaran kitab turats di SMP Islam Trunojoyo adalah suatu perencanaan atau persiapan yang berkaitan dengan berbagai hal yang mendukung kelancaran aktivitas pembelajaran, seperti pemilihan metode mengajar, teknik penilaian serta penetapan tujuan , khususnya pada Mata Pelajaran Kitab Turats agar tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam RPP dapat terealisasi dengan baik. Kedua, pelaksanaan pembelajaran kitab turats di SMP Islam Trunojoyo dilaksanakan secara sistematis, yaitu diawali dengan salam, doa, penyampaian materi kitab turats melalui berbagai metode yang telah disiapkan sebelumnya (seperti ceramah dalam rangka memaknai kitab, tanya jawab, CTL dan diskusi), sesi tanya jawab, kemudian ditutup dengan hamdalah dan salam. Proses pembelajaran tersebut dilakukan agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik. Ketiga, kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran kitab turats di SMP Islam Trunojoyo adalah pemahaman siswa yang tidak seragam, hal ini karena latar belakang tempat belajar siswa pada lembaga pendidikan sebelumnya yang tidak sama (ada yang sudah mengenal materi kitab turats, ada sebagian yang masih belum tahu sama sekali). Selain itu, keterbatasan waktu dalam belajar kitab turats, yaitu hanya dua jam dalam seminggu. Keempat, keefektifan pembelajaran kitab turats di SMP Islam Trunojoyo masih belum optimal. Karena, masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi guna menunjang keefektifan dalam setiap kegaiatan pembelajaran yang dilaksanakan khususnya pembelajaran kitab turats. Beberapa hal yang perlu dibenahi ialah kelengkapan referensi terkait mata pelajaran serta sebagian siswa yang terlihat kurang tertarik pada Mata Pelajaran Kitab Turats tersebut.
Tidak tersedia versi lain