Text
PERANAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MEMILIH METODE PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL-IKHLAS BELLANGAN BANGKES KADUR PAMEKASAN
Hifni Ikum, 2018, Peranan Kopentensi Pedagogik Guru dalam Memilih Metode Pembelajaran di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ikhlas , Bellangan Bangkes Kadur Pamekasan, skripsi, program studi Pendidikan Agama Islam
Kata kunci : Kopentensi Pedagogik
Kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Mutu pembelajaran merupakan suatu kemampuan sumberdaya sekolah dalam mentransformasikan berbagai jenis masukan dan situasi untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien.
Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ikhlas Bellangan Bangkes Kadur Pamekasan memiliki peranan kompetensi pedagogik sebagai seorang guru, namun kompetensi yang dimiliki belum berdampak positif terhadap hasil belajar, kondisi inilah yang memotivasi penulis untuk merumuskan masalah "Bagaimana peranan kompetensi pedagogik guru dalam memilih metode pembelajaran di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ikhlas Bellangan Bangkes Kadur Pamekasan”?.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa kualitatif deskriptif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Alat pengumpul data yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi.
Kesimpulan penelitian yaitu peranan kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ikhlas Bellangan Bangkes Kadur Pamekasan dalam memilih metode pembelajaran yaitu memiliki kemampuan memahami peserta didik, mampu merancang pembelajaran di kelas, mampu menggunakan metode mengajar, mampu melaksanakan pembelajaran interaktif, mampu mengevaluasi hasil belajar dan mampu memberikan penilaian.
Kemampuan peranan pedagogik yang dimiliki oleh guru Aqidah Akhlak belum berperan secara maksimal dalam memilih metode pembelajaran di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ikhlas Bellangan Bangkes Kadur Pamekasan dikarenakan kurangnya bimbingan dan perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar di rumah.
Tidak tersedia versi lain