Text
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PADA TABUNGAN LEMBAGA PEDULI SISWA DI BMT UGT SIDOGIRI CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Didik Hermanto, 2018, Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Anggota pada Tabungan Lembaga Peduli Siswa di BMT UGT Sidogiri, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. Nashar, MM. M.Si.
Kata Kunci:Strategi Pemasaran, Tabungan, Meningkatkan Jumlah Anggota
BMT merupakan suatu lembaga yang terdiri dari dua istilah, yaitu baitulmaal dan baitul tamwil. baitulmaal lebih mengarah pada usaha-usaha pengumpulan dan penyaluran dana yang nonprofit, seperrti; zakat, infaq, dan sedekah. Adapun baitul tamwilsebagai usaha pengumpulan dan penyaluran dana komersial. Strategiadalahilmuperencanaandanpenentuanarahoperasi-operasibisnisberskalabesar.Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Maka dari itu banyak tabungan-tabungan yang dipasarkan di MT. Tujuan penelitian ini yaitu: (1). Untuk mengetahui tentang Strategi BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan dalam meningkatkan jumlah anggota pada tabungan lembaga peduli siswa. (2). Untuk mengetahui cara mempertahankan loyalitas anggota padatabunganlembagapedulisiswa di BMT UGT Sidogiri. (3). Untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan sudah sesuai dengan ajaran islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non-partisipan, dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu bagian AOSP dan juga Anggota yang tergabung dengan BMT. Analisis data dilakukan sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. Tahapan analisis data yaitu checking dan organizing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, yang harus di perhatikan sebelum melakukan strategi pemasaran yaitu; Melakukan segmentasi, Menentukan target pasar, Menetapkan posisi pasar. Setelah melakukan STP (segmentasi, targeting, positioning) barulah manajemen BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan melakukan strategi pemasaranya . Dimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan ialah yang pertama penjualan pribadi (personal selling). Dan yang kedua yaitu penjualan secara langsung ke sekolah-sekolah yang ingin dituju. Strategi pemasaran yangdilakukan ole BMT sudah sesuai dengan ajaran islam karena Marketing berpegang teguh pada sifat Nabi Saw, yaitu; Sifat Siddiq yaitu dalam melakukan penjualan, seorang marketing harus bersifat jujur, bersifat Amanah yaitu apa yang diberikan kepada anggota yang sudah bergabung dengan BMT harus sesuai dengan apa yang dijanjikan sebelumnya pada saat bersosialisasi, bersifat Tabligh yaitu pihak marketing harus menyampaikan setiap kekurangan produk yang ditawarkan, Bersifat fatonah yaitu marketing harus pintar menempatkan diri di tengah-tengah masyarakat dan membuat masyarakat tertarik bergabung dengan BMT. Dan cara mempertahankan loyalitas anggota yaitu; memprioritaskan anggota dan on time pada saat janjian.
Tidak tersedia versi lain