Text
PERANAN GURU NGAJI DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER ANAK DI MUSHALLA AN-NASHR DUSUN DUKO BARAT DESA PAKONG
ABSTRAK
MOHAMMAD RUSDI 2018, Peranan Guru Ngaji Dalam Pembentukan Nilai Karakter Anak Di Mushalla An-Nashr Dusun Duko Barat Desa Pakong Skripsi, Program Reguler Khusus Pendidikan Agama Islam Untuk Sekolah Dasar, JurusanTarbiyah, Pembimbing : H. Muhammad Jamaluddin, M.Pd
Kata Kunci: Peranan guru ngaji, nilaikarakterAnak
Kontekspenelitianiniadalahfaktabahwasaatinitelahterjadidemoralisasi di Indonesia yang menuntutadanyapeningkatankualitaspendidikansecaramenyeluruh.Sebagailembagapendidikan Islam non formal, Mushalla An-Nashrmerupakanlembagapendidikan non formal yang menyelenggarakanpendidikanholistikdengansistemmembinarohani, intelektualdanmengajisertapraktikibadahsejakusiadini.
Fokus Penelitian yang dikajidalampenelitianiniadalah: (1). Peran Guru Ngajidalampembentukan nilaiKarakterAnakdi Mushalla An-Nashrdan(2). Faktorpendukungdanpenghambatpelaksanaanperan guru ngajidalampembentukan nilaiKarakterAnak Di Mushalla An-NashrDusunDuko Barat DesaPakong.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriftif, informannya adalah Pengasuh, guru ngaji, wali siswa dan Anak didik sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikanperanan guru ngaji dalam pembentukan nilai karakter anak di mushalla An-Nashr Dusun Duko Barat Pakong, (2) Faktor pendukung dan Penghambat peranan guru ngaji dalam pembentukan nilai karakter anak di mushalla An-NashrDusun Duko Barat Pakong.
Hasilpenelitianmenunjukkan bahwa: (1). Peran Guru Ngaji dalam Pembentukan nilai Karakter Anak Di Mushalla An-Nashr Dusun Duko Barat Desa Pakong adalah: (a). Sebagai Pendidik. (b). Sebagai Pembimbing. (c). SebagaiKorektor. (d).Sebagai Penasehat. (e). Sebagai Teladan. (f). Sebagai Supervisor. (g). Sebagai Evaluator. (2). Faktor pendukung yang mempengaruhi pembentukan nilai karakteranak didikadalah: (a). Motivasidandukunganorangtua(b). Komitmen bersama yang dilakukanolehsemuaguru ngaji dalam pembentukan karakteranak. (c). Fasilitas yangdapat menunjang keberhasilan pembentukan karaktersiswa. Sedangkanfaktorpenghambatnyaadalah: (a). Latar belakangsiswayang kurangmendukung. (b). Kurangkesadarananak dalammelaksanakanperaturanMushalla.(c). Lingkunganataupergaulansiswayangkurangbaik.
Tidak tersedia versi lain