Text
PENGGUNAAN SARANA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII DI SMPI ASHSHIYAMI MANGKON REK-KERREK PALENGAAN
ABSTRAK
Muhammad KhoirulAnam,.2018, Penggunaan Sarana Belajar dalam pembelajaran PAI siswa kelas VII di SMPI Ashshiyami Mangkon Rek-Kerrek Palengaan Tahun Pelajaran 2016-2017Skripsi, Program Studi PAI, JurusanTarbiyah, IAIN Madura Pamekasan, Pembimbing : Dr. Edi Susanto, M. Fil.I
Kata Kunci : Sarana Belajar, Pembelajaran PAI
Dewasa ini masih banyak nilai keagamaan sering diabaikan, untuk itu Guru PAI diharapkan lebih optimal dalam menjalankan berbagai aspek diantaranya masalah sarana belajar pendidikan. Karena penggunaan sarana belajaryang baik, proses pembelajaran akan semakin berkualitas. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Penggunaan Sarana Belajar dalam pembelajaran PAI siswa kelas VII di SMPI Ashshiyami Mangkon Rek-Kerrek Palengaan Tahun Pelajaran 2016-2017, faktor pendukung dan penghambat sarana belajardalam pembelajaran PAI siswa kelas VII di SMPI Ashshiyami Mangkon Rek-Kerrek Palengaan Tahun Pelajaran 2016-2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan Sarana Belajardalam pembelajaran PAI siswa kelas VII di SMPI Ashshiyami Mangkon Rek-Kerrek Palengaan Tahun Pelajaran 2016-2017, dan untuk mendeskripsikan Apa saja faktor pendukung dan penghambat sarana belajardalam pembelajaran PAI siswa kelas VII di SMPI Ashshiyami Mangkon Rek-Kerrek Palengaan Tahun Pelajaran 2016-2017.
Dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan Ketua yayasan, Komite sekolah, Kepala Sekolah, Guru PAI dan siswa di Ashshiyami Mangkon Rek-Kerrek Palengaan sebagai informan dalam penelitian ini, dan mengunakan pendekatan kualitatif serta dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara.
Setelah melakukan analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, maka diperoleh hasil penelitian:1) Penggunaan Sarana dalam pembelajaran PAI siswa kelas VII di SMPI Ashshiyami Mangkon Rek-Kerrek Palengaan Tahun Pelajaran 2016-2017 meliputi: Perencanaan,pengorganisasian, pengarahan, pengawasan. 2) Faktor pendukung meliputi: Adanya dukungan komite sekolah dan pengurus serta masukan dari wali murid dalam pengembangan sekolah. Guru PAI sudah mahir dalam mengunakan sarana belajar elektronik seperti Laptop dan LCD, tersedianya sarana perpustakaan dan Laboratium pembelajaran tersedianya sarana perpustakaan dan Laboratium pembelajaran.Sedangkatfaktorpenghambatsarana belajar yang digunakan dalam pembelajaran PAI siswa kelas VII di SMPI Ashshiyami Mangkon Rek-Kerrek Palengaan Tahun Pelajaran 2016-2017 adalahKurangnya dana yang tersedia sehingga menjadi kendala pemenuhan sarana belajar,Banyaknya usia sarana belajar yang sudah tua, sehingga perlu perbaikan,Masih belum terpenuhinya buku diperpustakanan.
Tidak tersedia versi lain