Text
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMKN 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Sri Nurhasanah, 2018, Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI di SMKN 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing : Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci : Pengaruh Kecerdasan Emosional
Kecerdasan emosional bukanlah mode atau suatu kecenderungan. EQ tampak seperti baru semata-mata karena sebelumnya tersingkirkan,tenggelam dalam obsesi abad ke-20 akan data ilmiah dan rasionalisme bagaimanapun caranya. Baru sekaranglah ilmu-ilmu sosial mengejar dan berusaha mengatasi aspek kepribadian dan prilaku yang sebelumnya dianggap tidak dikenali, diukur, dan dipahami secara menyeluruh. Sekarang, semakin banyak pengakuan tentang perlunya mengaktifkan peran EQ, baik ditempat kerja maupun dalam kehidupan pribadi. Membina hubungan baik dan strategi penanggulangan masalah adalah kunci keberhasilan dalam setiap bidang kehidupan manusia, dari membina hubungan sejak dini antara orang tua dan anak hingga kemampuan anak tersebut disaat besar nantinya.
Penelitian ini ada dua fokus penelitian, Pertama : Adakah Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 3 Pamekasan? Kedua : Seberapa besar pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut di analisis dengan analisis statistik, kemudian seluruh data yang didapat dicek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, pengecekan anggota.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMK Negeri 3 Pamekasan. Nilai koefisien determinasinya 0,474 yang berarti bahwa 47,4 persen hasil belajar PAI siswa SMK Negeri 3 Pamekasan dapat dijelaskan oleh kecerdasan emosional dan 52,6 persen ditentukan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini, hal ini berarti bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional maka akan semakin baik pula hasil belajar PAI siswa SMK Negeri 3 Pamekasan. 2) bahwa pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa berpengaruh positif dan nyata terhadap hasil belajar PAI siswa SMK Negeri 3 Pamekasan, nilai koefisien determinasi 0,594 yang berarti bahwa 59,4 persen hasil belajar PAI siswa SMK Negeri 3 Pamekasan, ditentukan oleh kecerdasan emosional dan motivasi belajar, dan 40,6 persen ditentukan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini, hal ini berarti bahwa semakin positif kecerdasan emosional dan semakin tinggi motivasi belajar maka akan semakin tinggi pula hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain