Text
PELAKSANAAN POLA PENGELOLAAN KELAS DALAM UPAYA PEMBINAAN MORAL SISWA DI MADRASAH DINIYAH AL-IKHLAS BANGKES KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Walidatus Sholihah, 2018, Pelaksanaan Pola Pengelolaan Kelas dalam Upaya Pembinaan Moral Siswa di Madrasah Diniyah Al-Ikhlas Bangkes Kadur Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: H. Mohammad Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Pola Pengelolaan Kelas dan Pembinaan Moral
Pengelolaan kelas merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan guru yaitu kegiatan belajar yang terarah pada tujuan yang ingin dicapai. Dengan pengertian lain, kegiatan guru dengan kegiatan murid adalah sejalan/searah, sehingga apa yang dilakukan guru akan mendapatkan respon dari murid, begitu pula sebaliknya. Dengan demikian antara kegiatan guru dengan kegiatan murid akan terjadi hubungan interaksi yang dikenal dengan komunikasi interaksi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana situasi proses belajar mengajar yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Madrasah Diniyah Al-Ikhlas Bangkes Kadur Pamekasan; kedua, Bagaimana pembinaan moral siswa; ketiga, Bagaimanakah pelaksanaan pola pengelolaan kelas di Madrasah Diniyah Madrasah Diniyah Al-Ikhlas Bangkes Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru PAI dan guru kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Kondisi pelaksanaan pembelajaran melalui pengelolaan kelas, untuk kelas I sampai kelas III bercampur antara siswa dan siswi, sedangkan kelas IV sampai kelas VI terpisah. Pengelolaan kelas seperti tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar. Namun ada beberapa siswa yang merasa keberatan dengan diberlakukannya kelas terpisah ini. Alasannya tidak ada persaingan dalam prestasi antara siswa dengan siswi; kedua, Pembinaan moral siswa yang dilaksanakan oleh pihak sekolah yaitu; memberlakukan tata tertib sekolah dan memberikan mata pelajaran akhlak yang waktunya diatur oleh madrasah; ketiga, Pelaksanaan pola pengelolaan kelas yang dipergunakan di Madrasah Diniyah Al-Ikhlas Bangkes Kadur Pamekasan berdasarkan kurikulum 1994 yang kemudian diubah dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Tidak tersedia versi lain