Text
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NEGERI 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Alifatul Musayyaroh, 2018, Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Negeri 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Fathol Haliq, M.Si
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Motivasi Belajar
Media pembelajaran –sebagai salah satu alat bantu- pada awalnya dilatarbelakangi oleh kebutuhan peserta didik disediakan oleh guru dan pihak sekolah. Seiring dengan berkembangnya teknologi, media pembelajaran telah digunakan di berbagai sekolah. Peran seorang guru dalam menggunakan media tersebut secara optimal, baik dari produktif dan kekreatifan guru mendapatkannya maupun ketersediaan sekolah sangatlah penting bagi kenyamanan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama, Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan; kedua, Apa saja upaya yang dilakukan guru mata pelajaran Fiqih untuk mengembangkan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah guru mata pelajaran Fiqih dan siswa/i yang mengikuti mata pelajaran tersebut. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dilakukan dengan berbagai macam media pembelajaran, diantaranya media auditif, visual dan audiovisual. Hanya saja yang sering digunakan yaitu media visual dan audiovisual, sedangkan media auditifnya jarang digunakan. Kedua, upaya yang dilakukan guru mata pelajaran Fiqih yaitu dengan mengembangkan media sederhana yang mudah didapatkan dan digunakan, mempersiapkan segala sesuatunya sebelum pelajaran dimulai, termasuk materi dan media yang cocok untuk digunakan didalam berlangsungnya pembelajaran, pengonsepan materi menyesuaikan dengan kurikulum 2013, dimulai dari mengamati sampai mengkomunikasikan, dan yang terakhir memilih media yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, yang sekiranya akan membantu mereka menerima dan memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru melalui media tersebut.
Tidak tersedia versi lain