Text
Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Berpusat pada Siswa (Cooperative Learning) untuk Meningkatakan Aktifitas Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMP Al-Muniri Tentenan Timur Larangan Pamekasan
ABSTRAK
Norhayati.RH, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Berpusat pada Siswa (Cooperative Learning) untuk Meningkatakan Aktifitas Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMP Al-Muniri Tentenan Timur Larangan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata kunci: Pembelajaran Interaktif Berpusat pada Siswa, Cooperative Learning
Proses pembelajaran yang dilaksanakan guru diharapkan berjalan dengan baik sehingga siswa dapat terlibat aktif di dalamnya. Hal ini sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar karena aktivitas belajar siswa yang baik juga dapat berdampak positif terhadap hasil belajarnya.
Terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana penerapan model pembelajaran interaktif berpusat pada siswa (Cooperative Learning) dapat meningkatkan aktivitas belajar pendidikan agama islam siswa di SMP Al-Muniri. Kedua, apakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran interaktif berpusat pada siswa (Cooperative Learning) dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa di SMP Al-Muniri. Ketiga, bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran pendidikan agama islam melalui penerapan model pembelajaran interaktif berpusat pada siswa (Cooperative Learning) di SMP Al-Muniri.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran interaktif berpusat pada siswa (Cooperative Learning) yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran menuju ke arah yang lebih efektif. Cooperative Learning merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam.
Dari hasil penelitian tersebut diperoleh peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 66,9% dengan kriteria tinggi menjadi 82,35% dengan kriteria sangat tinggi pada siklus II. Peningkatan aktivitas belajar pendidikan agama Islam siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif yang telah dilaksanakan di kelas VIII SMP Al-Muniri juga berdampak pada hasil belajar siswa. Dari kegiatan pembelajaran tersebut terjadi peningkatan persentase tuntas belajar klasikal dan rata-rata nilai dari siklus I ke siklus II. Persentase tuntas belajar klasikal 52,94% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 80,4 pada siklus I, menjadi 76,47% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 81,57 pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data angket respon siswa, dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa senang dengan model pembelajaran kooperatif yakni terdapat 90,19% siswa merespon positif kegiatan belajar mengajar pendidikan agama Islam dengan model pembelajaran kooperatif.
Tidak tersedia versi lain