Text
PERAN PERPUSTAKAANDALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NEGERI 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Angga Edis Mardiyono, 2018, Peran Perpustakaan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Pamekasan, Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, pembimbing: Drs. H. Zainol Hasan, M.Ag.
Kata kunci: Perpustakaan, Prestasi Belajar.
Perpustakaan sekolah diadakan bukan lagi hanya sekedar melayani selera para pelajar untuk membaca buku-buku penglipur lara. Perpustakaan itu harus dapat membantu para pelajar mengasah otak, memperluas dan memperdalam pengetahuan, melahirkan kecekatan. Dengan kata lain perpustakaan sekolah merupakan satu kesatuan integral (terpadu) dengan alat-alat pendidikan yang lain.
Berdasarkan hal tersebut ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana peran perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Pamekasan; kedua, bagaimana pelaksanaan pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Pamekasan; ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, ketua perpustakaan, petugas perpustakaan, guru Sejarah Kebudayaan Islam, waka kurikulum dan siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peran perpustakaan sebagai sumber belajar untuk menambah pengetahuan siswa yang didapatkan dari membaca di perpustakaan dan apa yang dibutuhkan oleh pemakainya sudah tersedia di perpustakaan. Kedua, pelaksanaan pelayanan perpustakaan berupa pelayanan sirkulasi, pelayanan koleksi referensi, dan pelayanan ruang baca. Ketiga, faktor pendukungnya yaitu tersedianya anggaran dana dari sekolah, tersedianya bahan koleksi yang lengkap, sedangkan faktor penghambatnya yaitu ruangan perpustakaan yang kurang memadai dan sempit serta kurangnya minat baca siswa.
Tidak tersedia versi lain