Text
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS DARUT THALIBIN PONTEH, KECAMATAN GALIS, KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Muqoyyidil Asrori, 2018, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Darut Thalibin Ponteh, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Drs, H. Zainol Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Guru Pendidikn Agama Islam, Motivasi Belajar
Guru dalam pandangan islam adalah orang yang bisa membimbing umat guna bertambahnya kedekatan setiap individu kepada Allah dan humanis. Sejatinya, pendidik agung dalam islam adalah Nabi Muhammad SAW. Dalam diri beliaulah tercermin segala sikap yang mengarahkan umat manusia untuk selalu berlomba membuat kebaikan. sehingga pendidik hendaknya meniru sifat dan sikap Nabi.
Motivasi belajar adalah komponen kedua konsep belajar mandiri, dan merupakan prasyarat bagi berjalannya belajar mandiri. Motivasi belajar adalah kekuatan pendorong dan pengarah perbuatan belajar. Pendorong dalam arti pemberi kekuatan yang memungkinkan perbuatan belajar dijalankan. Pengarah dalam arti pemberi tuntutan kepada perbuatan belajar kearah tujuan yang telah di tetapkan. Tujuan belajar sebagai mana di kemukakan didepan, adalah penguasaan sesuatu kompetensi baru untuk mengatasi masalah.
Fokus Penelitian Ini, ada dua: Pertama, Bagaimana Strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS Darut Thalibin Ponteh, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan? Kedua. Apa Faktor-faktor yang menjadi hambatan dan pendukung Strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS Darut Thalibin Ponteh, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan ?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Siswa kelas VII, VIII, dan IX. Analisis data melalui pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan, triangulasi dan uraian rincian.
Hasil penelitian pertama, menunjukkan Strategi Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS Darut Thalibin Ponteh, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan secara akumulatif sangat baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat ketika proses pembelajaran berlangsung guru memberikan nilai, mengadakan kompetisi, memberikan pujian, hukuman, menciptakan suasana dan ulangan sebagai evaluasi. Kedua, Faktor-faktor yang menjadi hambatan dan pendukung. penghambat (a) Kejiwaan siswa yang labil (b) Kemampuan guru dalam mengampu pelajaran (c) Kondisi lingkungan pembelajaran yang tidak mendukung (d) Fasilitas yang belum lengkap. Pendukung (a) kejiwaan siswa yang stabil (b) Fasilitas (c) Lingkungan (d) Kemampuan guru (e) Budaya.
Tidak tersedia versi lain