Text
. Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter di MI Tarbiyatul Banin V Bujudan Pamoroh Kadur Pamekasan,
ABSTRAK
Nashiroh. 2018. Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter di MI Tarbiyatul Banin V Bujudan Pamoroh Kadur Pamekasan, yang disusun oleh Nashiroh. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan; Dosen Pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.
Kata Kunci: Pengembangan Pendidikan Karakter
Pendidikan karakter menjadi semakin mendesak untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan kita mengingat berbagai macam perilaku non-edukatif kini telah merambah dalam lembaga pendidikan kita. Perilaku tersebut antara lain: fenomena kekerasan, pelecehan seksual, bisnis mania lewat sekolah, korupsi dan kesewenang-wenangan yang terjadi di kalangan sekolah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Upaya apa saja yang dilakukan dalam pengembangan pendidikan karakter di MI Tarbiyatul Banin V Bujudan Pamoroh Kadur Pamekasan; kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pengembangan pendidikan karakter di MI Tarbiyatul Banin V Bujudan Pamoroh Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala, guru BK, guru agama di MI Tarbiyatul Banin V Bujudan Pamoroh Kadur Pamekasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif-kualitatif. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, Pengembangan Pendidikan Karakter di MI Tarbiyatul Banin V Bujudan Pamoroh Kadur Pamekasan, adalah: a) Membuat Perencanaan Pembelajaran, b) Memilih dan Mengembangkan Materi, c) Pemilihan Metode Pembentukan Karakter, d) Pendekatan atau Model Pembelajaran, e) Pendekatan Pembentukan Karakter, f) Tahapan Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pembentukan karakter, dan g) Evalusi. Kedua, Faktor Internal yang mendukung pembentukan karakter peserta didik adalah motivasi dan dukungan orang tua. Sedangkan yang menghambat adalah latar belakang siswa yang kurang mendukung dan kurangnya kesadaran siswa. Faktor Eksternal yang mendukung pembentukan karakter siswa adalah komitmen bersama dari pendidik dan fasilitas yang mendukung. Sedangkan yang menghambat lingkungan atau pergaulan siswa.
Tidak tersedia versi lain