Text
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN FIQH DI MAN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Lilis Wulandari, 2017, Strategi Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Fiqih Di MAN 1 Pamekasan, Skripsi, H. Mohammad Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Fiqih
Strategi guru suatu pola yang direncanakan oleh pendidik atau guru secara sengaja untuk melakukan kegiatan atau tindakan tersebut, Pembelajaran: serangkai kegiatan yang melibatkan informasi dan lingkungan yang disusun secara terencana untuk memudahkan siswa dalam belajar, dan Fiqh seperangkat atau pelengkapan ketentuan hukum-hukum syara’ yang berasal dari Allah SWT melalui wahyu yang disampaikan kepada Rasul-Nya, Muhammad saw.
Dengan penjelasan di atas maka memunculkan rumusan masalah sebagai berikut pertama Apa strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan penguasaan materi fiqih di MAN 1 Pamekasan, kedua Bagaimana efektifitas strategi pembelajaran fiqih yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan penguasaan pembelajaran fiqih di MAN 1 Pamekasan, dan ketiga apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan strategi pembelajaran fiqih di MAN 1 Pamekasan.
Karena bentuk dalam penelitian ini adalah deskriptif maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang memaparkan data secara deskriptif. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi serta cara yang digunakan dengan menggunakan trianggulasi.
Dalam penelitian ini menghasilkan bahwa Pertama strategi yang berlangsung atau digunakan di MAN 1 Pamekasan sudah memenuhi kriteria-kriteria dari pengertian strategi tersebut. Dimana itu dibuktikan dengan adanya pelaksanaan stretgi pembelajaran guru pengajar terutama dalam pembelajaran fiqih, Kedua upaya guru di MAN 1 Pamekasan yang sudah dilakukan sudah sangat baik itu terbukti dengan adanya respon yang baik dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran fiqih, para siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran dan itu berefek pada peningkatan hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar, dan Ketiga faktor pendukung terlaksanakan dengan baik terutama dalam pembelajaran fiqih di MAN 1 Pamekasan adalah faktor guru yang cakap dalam menggunakan metode dan cara mengajar yang sesuai dengan kondisi atau keadaan siswa, serta didukung oleh sarana prasarana yang memadai untuk membantu dalam menyokong pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif, efektif dan efesien.
Tidak tersedia versi lain