Text
Strategi HUMAS di SMK EL mosthofa Rangang Waru Pamekasan ( serap aspirasi dan safari kreatifitas siswi untuk meningkatkan marketing pendidikan)
ABSTRAK
Jalaluddin Madani, 2018, Strategi Serap Aspirasi-Safari Kreatifitas Siswi (SERASI-SEKSI) Dalam Kegiatan Hubungan Masyarakat (HUMAS) Untuk Meningkatkan Marketing Pendidikan Di Smk El Mosthofa Semar Ragang Waru Pamekasan, skripsi program studi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Madura, pembimbing: Dr.Buna’i S.Ag. M.Pd
Kata kunci: Humas, Serasi-Seksi, Marketing Pendidikan
Permasalahan dalam penelitian adalah: perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuiting), pengawasan (evaluating) Strategi serap aspirasi-safari Kreatifitas siswi (SERASI-SEKSI) untuk Memaksimalkan Marketing Pendidikan di SMK EL MOSTHOFA Semar Ragang Waru Pamekasan?Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi yang dipilih yaitu di SMK EL MOSTHOFA Semar Ragang Waru Pemekasan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan metode dokumentasi, analisis data yang dilakukan yaitu selama penelitian dan setelah penelitian.
Hasil penelitian bahwa perencanaan terhadap program serasi dan seksi tersebut karena SMK EL MOSTHOFA adalah sekolah baru yang dianggap perlu untuk memperkenalkan sekolah tersebut kepada masyarakat luas. Sehingga disitulah muncul ide-ide baru untuk membuat program yang berhubungan langsung dengan masyarakat.
Oleh karena itu, pihak-pihak penyelenggara mendesain dan mengkonsep dua program tersebut sebagai bentuk dalam mengorganisir dua program itu menjadi program yang dianggap program unggulan oleh masyarakat.
Pelaksanaan dua program tersebut berbeda-beda, kalau serasi ini pelaksanaanya dilakukan di lingkungan sekolah dengan melibatkan pihak-pihak yang perlu terlibat di dalam program serasi tersebut. sedangkan program seksi ini pelaksanaanya dilakukan di luar sekolah, yaitu di SMP-MTs sekitar.
Pengevaluasian terhadap program serasi dan seksi dilakukan di awal pelaksanaan dan juga di akhir pelaksanaan, sebagai koreksi terhadap pelaksanaan program berikutnya. Sehingga program kedepannya bisa lebih maksimal lagi dalam memproleh hasil
Ada satu tujuan yang sangat mendasar dengan adanya dua program tersebut, yaitu SMK EL MOSTHOFA berupaya melakukan marketing pendidikan atau pemasaran pendidikan melalui program-program yang dianggap bisa mempengaruhi masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya ke SMK EL MOSTHOFA, jadi itulah cara SMK EL MOSTHOFA dalam melakukan marketing pendidikan atau pemasaran pendidikan. Karena marketing pendidikan atau pemasaran pendidikan perlu diperhatikan betul oleh penyelenggara pendidikan. Sehingga marketing pendidikan bisa berjalan maksimal sesuai dengan tuntutan zaman.
Tidak tersedia versi lain