Text
IMPLIKASI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH PADA PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MTS AL-FALAH BRANTA TINGGI TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Faiqatur Rahmah, 2018, Implikasi Kepemimpinan Kepala Madrasah pada Pembentukan Akhlak Siswa di MTs Al-Falah Branta Tinggi Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: H. Muhammad Jamaluddin, M.Pd.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Pembentukan Akhlak Siswa
Sangat jelas bahwa peran kepemimpinan kepala madrasah sangat besar sekali untuk menjadikan sekolah yang efektif dan efisien. Di samping itu tanggung jawab besar yang dimiliki oleh kepala madrasah adalah menanamkan akhlak yang baik kepada para siswa-siswinya. Dari sini akan terlihat kesungguhan pihak sekolah dalam menanamkan akhlak kepada siswa-siswinya karena secara teori akhlak menurut Syeh al-Ghazali yang dikutip dalam buku Akhlak Tasawwuf dalam wacana kontemporer menjelaskan bahwa akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan berbagai jenis perbuatan dengan gampang dan mudah, dengan tidak membutuhkan pertimbangan dan perenungan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana tipe kepemimpinan kepala madrasah pada pembentukan akhlak siswa di MTs Al-Falah Branta Tinggi Tlanakan Pamekasan; kedua, bagaimana implikasi kepemimpinan kepala madrasah dalam membentuk akhlak siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, guru PAI, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Tipe kepemimpinan kepala sekolah pada pembentukan Akhlak siswa di MTs Al-Falah Branta Tinggi Tlanakan Pamekasan menggunakan tipe kepemimpinan demokratis yang mana kepala sekolah dalam mengambil suatu keputusan selalu berdasarkan hasil musyawarah mufakat. Kedua, Implikasi kepemimpinan kepala sekolah pada pembentukan akhlak siswa di MTs Al-Falah Branta Tinggi Tlanakan Pamekasan, tercermin pada berbagai program yang dirancang oleh kepala sekolah untuk meningkatkan ahkhlak siswa seperti program antar jemput dan jumat ibadah sudah mulai terlihat berjalan efektif hal ini terbukti dari sikap dan tindakan yang dilakukan oleh siswa setiap hari yang mencerminkan nilai-nilai yang beretika seperti bersalaman ketika bertemu dengan guru dan kepala sekolah ini semua tidak lepas dari hasil dan upaya keras yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk membina dan memberi arahan kepada siswa untuk bersikap sopan.
Tidak tersedia versi lain