Text
Korelasi kompetensi manajerial kepala madrasah dan keefektivan penerapan manajemen kurikulum di MTs. Darissalam Sumenep
ABSTRAK
Deni Nurhidayah, 2018, Korelasi kompetensi manajerial kepala madrasah dan keefektivan penerapan manajemen kurikulum di MTs. Darissalam Sumenep. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Taufiqurrahman, M.Pd
Kata kunci: Kompetensi Manajerial, keefektivan penerapan manajemen
kurikulum
Kompetensi merupakan perpaduan dari penguasaan pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak pada sebuah tugas/ pekerjaan. Kompetensi manajerial dapat diartikan sebagai kemampuan mengelola sumber daya melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Efektivitas manajemen kurikulum dalam setiap tahapannya berproses pada das sollen dan desain dengan indikator-indikator sebagai berikut : 1) Indikator input 2) Indikator proses 3) Indikator hasil.
Ada dua permasalahan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Adakah Korelasi kompetensi manjerial kepala madrasah dan keefektivan penerapan manajemen kurikulum di MTs Darissalam Sumenep? Kedua, Seberapa besarkah Korelasi kompetensi manajerial kepala Madasah dan keefektivan penerapan manajemen kurikulum di MTs Darissalam Sumenep?
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis korelasional yang terdiri dari dua variabel, yaitu, independent variabel adalah kompetensi manajerial kepala sekolah dan dependent variabel adalah keefektivan penerapan manajemen kurikulum, dan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan teknik Product moment.Adapun populasi penelitian ini adalah keseluruhan guru di MTs Darissalam Sumenep sebanyak 24 orang guru, Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Ada korelasi kompetensi manajerial kepala madrasah dan keefektivan penerapan manajemen kurikulum di MTs Darissalam Sumenep, hal ini terbukti dari hasil analisis data bahwa nilai r kerja 0,808 lebih besar dari pada db=23 dalam interval kepercayaan 5% diperoleh nilai r tabel product moment sebesar 0,413. Kedua, Korelasi kompetensi manajerial kepala Madrasah dan keefektivan penerapan manajemen kurikulum di MTs Darissalam Sumenep tergolong tinggi, karena nilai r kerja 0,808 berada pada rentetan angka 0,800 sampai dengan 1,000 interpretasi tinggi.
Tidak tersedia versi lain