Text
Peran Kepala Sekolah dalam Memotivasi Kinerja Tenaga Pendidik di MTs Al-Inayah Sumber Batu Pegantenan
ABSTRAK
Abd Wahed, 2018, Peran Kepala Sekolah dalam Memotivasi Kinerja Tenaga Pendidik di MTs Al-Inayah Sumber Batu Pegantenan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing : Dr.Atiqullah, M.Pd
Kata kunci : Motivasi Kinerja,Kinerja Tenaga Pendidik
Dalam setiap lembaga pendidikan, kepala sekolah memerlukan sumber daya untuk mencapai suatu tujuannya. Sumber daya merupakan energi, tenaga,kekuatan (power) yang diperlukan untuk menciptakan daya, gerak, aktifitas, kegiatan dan tindakan.
Motivasi kinerja dalam rangka pengembangan sumber daya atau kemampuan manusia adalah sangat penting artinya. Motivasi kinerja sangat pentig dalam organisasi dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia. Hal ini agar para tenaga pendidik dapat meningkatkan kinerja dengan sebesar-besarnya demi tercapinya suatu tujuan yang direncanakan. Dengan demikian kepala sekolah harus mampu memotivasi kinerja tenaga pendidik agar dapat meningkatkan kinerja pendidik.
Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian tentang dua permasalahan pokok yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu pertama, bagaimana peran kepala sekolah memberikan motivasi kepada kinerja tenaga pendidik di MTs Al-Inayah Sumber Batu Pegantenan; kedua, Faktor-faktor apa saja yang menghambat kepala sekolah dalam memotivasi kinerja tenaga pendidik di MTs Al-Inayah Sumber Batu Pegantenan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. sumber data di peroleh melalui wawancara, observasi dan dokomentasi. informannya adalah yang menurut peneliti menguasasi bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala sekolah , guru/tenaga pendidik di MTs Al-Inayah Sumber Batu Pegantenan. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui derajat kepercayaan (credibility).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, peran motivasi kinerja oleh kepala sekolah di MTs Al-Inayah Sumber Batu Pegantenan menggunakan motivasi internal dan eksternal. Kedua, Faktor-faktor apa saja yang menghambat kepala sekolah dalam memotivasi kinerja tenaga pendidik. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kemampuan serta peningkatan kinerja tenaga pendidik supaya menjadikan tenaga pendidik mengarah kepada peningkatan kedisiplinan, kemampuan, dan keaktifan tenaga pendidik di MTs Al-Inayah Sumber Batu Pegantenan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan diatas, maka peneliti menyampaikan saran hasil penelitian ini dapat di jadikan sebagai bahan refrensi dan bisa dijadikan pertimbangan oleh kepala sekolah dalam memotivasi kinerja dalam upaya peningkatan kinerja tenaga pendidik.
Tidak tersedia versi lain