Text
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA MELALUI METODE BERCERITA DI KELOMPOK B TK AL-DJUFRI VII TRASAK LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Murti Atus Suhriyah, 2018, Upaya Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Melalui Metode Bercerita di Kelompok B TK Al-Djufri VII Trasak Larangan Pamekasan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. Atuqullah, M.Pd
Kata Kunci: Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi, Metode Bercerita
Fasilitas pendidikan merupakan salah satu factor penentu keberhasilan pendidikan. Kelengkapan dan ketersediaan fasilitas pendidikan di sekolah sangat berpengaruh terhadap kefektifan dan kelancaran proses pembelajaran di kelas. Upaya guru dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa adalah suatu upaya luar biasa yang dilaksanakan dengan maksimal dalam rangka menjadikan siswa yang edukatif, terampil, aktif serta dedikatif. Semua fasilatas yang tersedia dijaga dengan baik agar dapat menunjang terhadap proses pembelajaran dan digunakan sesuai kebutuhan, sehingga praktek di kelas dapat berjalan lancar dan tujuan tujuan pendidikan depat tercapai.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu (1) upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siwa melalui bercerita di TK Al-Djufri VII Trasak Larangan Pamekasan (2) Faktor pendukung dan penghambat upaya yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa melalui bercerita di TK Al-Djufri VII Trasak Larangan Pamekasan
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa TK Al-Djufri VII Trasak Larangan Pamekasan (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa TK Al-Djufri VII Trasak Larangan Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangkulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) TK. Al-Djufri VII Trasak Larangan Pamekasan dalam upaya meningkatkan keterampilan siswa melalui metode bercerita merupakan suatu langkah konkrit yang progresif dalam menunjang siswa yang prestasius, hal ini juga kerja sama dan ketekunan para dewan guru yang tekun mendidik dan membimbing para siswa. (2) Faktor pendukung dan dalam rangka meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa melalui metode bercerita dalam bentuk dukungan moril dan psikologis pada siswa pun juga melalui buku-buku penunjang terhadap proses pembelajaran, disamping itu faktor dukungan wali siswa yang satu visi dengan tujuan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya fasilitas yang tersedia yang dianggap kurang maksimal, ketersediaan buku-buku yang kurang bervariatif di perpustakaan mini milik sekolah.
Tidak tersedia versi lain