Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM BAGI MUALAF DI LEMBAGA DAKWAH HIKMAH KAMPUNG BIAWAK LUNDU SARAWAK MALAYSIA
ABSTRAK
Khairus shaleh, 2018, Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Muslim Bagi Mualaf Di Kampung Biawak Lundu Sarawak Malaysia, Skripsi, Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah, Pembimbing Drs. H. Zainol Hasan, M. Ag.
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Pembentukan kepribadian Muslim, Mualaf
Implementasi PAI yang dilakukan oleh lembaga dakwah HIKMAH dalam Pembentukan kepribadian muslim bagi mualaf disebabkan minimnya pemeluk Agama Islam di Bumi Sarawak khusunya di Kampug Biawak Lundu sehingga lembaga dakwah Hikmah melakukan beberapa program untuk menambah saudara baru/mualaf. Pembentukan kepribadian muslim ini merupakan sebuah upaya atau proses yang sangat baik untuk menjadikan para mualaf mempunyai kepribadian muslim yang berkualitas tinggi dalam hidupnya, memiliki rasa keimanan dan ketaqwaan yang kuat kepada Allah SWT.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama apa saja materi dan metode pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kepribadian muslim bagi mualaf di Kampung Biawak Lundu Sarawak Malaysia?. Kedua bagaimana pembentukan kepribadian muslim bagi mualaf di Kampung Biawak Lundu Sarawak Malaysia?. Ketiga apa dampak implementasi pendidikan Agama islam dalam Pembentukan kepribadian muslim bagi mualaf di Kampung Biawak Lundu Sarawak Malaysia?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif dikarenakan data yang diambil berupa kata – kata bukan angka. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah Da’I Surau Kampung Biawak, mahasiswa PPM (program pengabdian masyarakat) dari Indonesia, para mualaf.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, materi dan metode pendidikan agama Islam dalam pembentukan kepribadian muslim bagi mualaf ialah materi tentang dasar – dasar ajaran Islam seperti halnya tauhid (rukun Islam dan rukun Iman), fiqih (tatacara bersuci, shalat, puasa, dan cara menyelesaikan jenazah), tajuwid (cara membaca Al-Qur’an), dan dzikir, do’a – do’a pendek. Metode yang digunakan ialah metode ceramah dan metode praktik karena kedua metode tersebut merupakan kombinasi metode yang saling melengkapi. Kedua pembentukan kepribadian muslim bagi mualaf di Kampung Biawak Lundu Sarawak Malaysia, ialah dengan cara membimbing atau mendidik mualaf dengan pengetahuan PAI serta merancang beberapa kegiatan keagamaan yang mudah dan gampang dipelajari yang berlangsung setiap hari dan tazkirah setiap shalat lima waktu yang disampaikan oleh imam shalat. Ketiga dampak implementasi pendidikan agama Islam dalam pembentukan kepribadian muslim bagi mualaf di Kampung Biawak Lundu Sarawak Malaysia ialah berdampak positif terhadap para mualaf, setelah para mualaf menerima pendidikan tentang PAI maka para mualaf mempunyai rasa semangat yang tinggi untuk mengaplikasikannya misalnya berbondong bondong untuk shalat berjemaah di Surau Kampung, bisa mengaji, puasa, dll.
Tidak tersedia versi lain