Text
Bimbingan Praktik Shalat di MI Nurul Falah Kertagena Daya Kadur Pamekasan,
Musrifah, 2018, Bimbingan Praktik Shalat di MI Nurul Falah Kertagena Daya Kadur Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci: Bimbingan Praktik Shalat
Dalam rukun Islam yang kedua setiap insan yang sudah mencukupi syarat dan ketentuan sesuai dengan syariat islam diwajibkan melaksanakan shalat fardu yang lima waktu. Sedangkan untuk yang tidak mencukupi syarat dan ketentuan tersebut tidak diwajibkan atasnya misalnya seperti anak-anak, meskipun belum wajib mengerjakan shalat lima waktu, orang tua/walinya wajib menyuruhnya melaksanakan shalat, terutama bila si anak telah berusia 7 tahun. Bahkan orang tuanya harus “mengajar” (memukul) si anak yang meninggalkan shalat, apabila ia telah berusia 10 tahun.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana pelaksanaan Bimbingan Praktik Shalat di MI Nurul Falah Kertagena Daya Kadur Pamekasan; kedua, Apa saja faktor penghambat dan pendukung keberhasilan siswa dalam Bimbingan Praktik Shalat di MI Nurul Falah Kertagena Daya Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah dan guru kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan bimbingan praktik shalat di MI Nurul Falah Kertagena Daya Kadur Pamekasan dilaksanakan setiap hari sebelum proses belajar mengajar dikelas berlangsung. Dan dimulai sekitar jam 06.30 dan berakhir sekitar jam 06.50, bimbingan tersebut menggunakan strategi dan metode yang cukup mudah dipahami oleh peserta bimbingan yaitu dengan menggunakan metode bimbingan kelompok (group-guidance) dan metode latihan (drill). Dan kegiatan tersebut diakhiri dengan berdoa bersama-sama.. Kedua, Faktor yang menghambat keberhasilan siswa dalam bimbingan praktik shalat di MI Nurul Falah Kertagena Daya Kadur Pamekasan adalah sedikitnya waktu yang disediakan oleh sekolah dan tempat bimbingan masih numpang, sedangkan yang menjadi faktor pendukung adalah dukungan dan motifasi guru serta orang tua yang diberikan kepada siswa-siswi yang mengikuti bimbingan praktik shalat yang diadakan oleh sekolah. Sedangkan yang mendukung terhadap keberhasilan siswa ialah kemauan atau minat.
Tidak tersedia versi lain