Text
INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN SALAF DAN KHALAF DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM SUMBER JATI BUNGBARUH KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Khosi’ah, 2018, Intergrasi Sistem Salaf dan Khalaf di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sumber Jati Bungbaruh Kadur Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Perpaduan Sistem Salaf dan Khalaf.
Sistem pendidikan Islam mengalami perubahan sejalan dengan perubahan zaman dan pergeseran kekuasaan di Indonesia. Kejayaan Islam yang mengalami kemunduran sejak jatuhnya Andalusia, kini mulai bangkit kembali dengan munculnya gerakan pembaharuan Islam. Sejalan dengan itu pemerintah jajahan (Belanda) mulai mengenalkan sistem pendidikan formal yang lebih sistematis dan teratur dan mulai menarik kaum muslim untuk memasukinya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana pola integrasi sistem pendidikan salaf dan khalaf di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sumber Jati Bungbaruh Kadur Pamekasan; kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat integrasi sistem pendidikan salaf dan khalaf.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah pengasuh, wakil pengasuh, para ustadz dan santri. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pola integrasi sistem pendidikan Salaf dan Khalaf di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sumber Jati tergolong memiliki tingkat electabilitas (mapan), indikasinya dari pada electabilita pola perpaduan sistem pendidikan Salaf dan Khalaf yaitu adanya satu kesinambungan menejemen yang dibangun dengan kurikulum yang diterapkan dilembga tersebut. Selain itu terbukti dukungan sarana dan prasarana yang turut mendorong tingkat keseriusan dan kemapanan manajemen tersebut. Perpaduan sistem pendidikan Salaf dan Khalaf di pondok pesantren Miftahul Ulum Sumber Jati juga mendapat tanggapan yang baik dari berbagai elemen yang telibat langsung dalam pengembangan perpaduan tersebut. Indikasi dari hal ini adalah restu pengasuh pondok pesantren Miftahul Ulum Sumber Jati Bungbaruh Kadur Pamekasan serta serentaknya pada elemen lembaga dalam merancang strategi untuk pengembangan itu. Kedua, Faktor yang menjadi pendukung integrasi sistem pendidikan Salaf dan Khalaf adalah sarana dan prasarana yang memadai, kurikulum selaras, tenaga pengajar yang profesional dan sesuai dengan bidangnya masing-masing dan faktor penghambat adalah jam aktif santri terlalu padat, peran alumni (mu’allim) tidak begitu inten dalam mengontrol para santri, nuansa pesantren yang mulai pudar.
Tidak tersedia versi lain