Text
, Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VII Di MTs Bustanul Ulum Malading Ambat Tlanakan Pamekasan,
ABSTRAK
Mohammad Sholehoddin, 2018, Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VII Di MTs Bustanul Ulum Malading Ambat Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Media Audio Visual dan Pembelajaran Fiqih
Sarana dan alat pendidikan sebagai salah satu faktor dalam pendidikan memiliki peran yang penting untuk keberhasilan proses belajar mengajar. Keberadaan media akan lebih membantu tercapainya tujuan secara efektif dan efisien para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang telah disediakan oleh sekolah dan tidak tertutup bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana penggunaan media audio visual dalam pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Bustanul Ulum Malading Ambat Tlanakan Pamekasan; kedua, Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat penggunaan media audio visual dalam pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Bustanul Ulum Malading Ambat Tlanakan Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan prosentase. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru PAI, siswa, dan kepala madrasah. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, media yang digunakan dalam pembelajaran fiqih di kelas VII di MTs Bustanul Ulum Malading Ambat Tlanakan Pamekasan adalah, VCD, Proyektor dan Komputer. Kedua: Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam penggunaan media audio visual dalam pembelajaran fiqih di kelas VII di MTs Bustanul Ulum Malading Ambat Tlanakan Pamekasan meliputi sarana dan prasarana kurang memadai khususnya media pembelajarannya, tenaga pengajar atau guru belum cukup memiliki keterampilan tentang cara menggunakan media, dan tidak semua materi dalam pelajaran fiqih di kelas VII dapat menggunakan media audio visual. Sedangkan faktor pendukungnya yakni dapat mempermudah dan mempercepat guru menyajikan materi pembelajaran dalam proses pembelajaran sehingga memudahkan siswa untuk mengerti dan memahaminya serta penggunaannya lebih efektif dan efisien.
Tidak tersedia versi lain