Text
PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 PAMEKASAN
Nur Jannah 2018, Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Pamekasan, Skripsi, JurusanTarbiyah, Program StudiPendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Fathol Haliq M.Si.
Kata Kunci: Peran Guru PAI, Kreativitas Belajar
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat menentukan bagi perkembangan dan perwujudan diri individu, terutama bagi pembangunan bangsa dan negara. Tujuan pendidikan pada umumnya ialah menyediakan lingkungan yang memungkinkan anak didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya secara optimal, sehingga ia dapat mewujudkan dirinya dan berfungsi sepenuhnya, sesuai kebutuhan sekolah menengah pertama negeri 6 pamekasan dan kebutuhan masyarakat.
Dalam penelitian ini ada beberapa permasalahan yang dibahas: Pertama,Bagaimana Peran Guru PAI dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat Kreativitas Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskriptif analisis. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber datanya adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
Hasil dari penelitian ini ada beberapa pembahasan yaitu: Pertama: peran guru PAI dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa. Peran guru PAI yaitu Memahami potensi siswa yang tesrsembunyi dan mendorong untuk berkembang sesuai dengan kecenderungan bakat dan minat mereka, menciptakan suasana belajar yang kondusif bebas dari tekanan dan intimidasi dalam usaha meyakinkan minat belajar bagi siswa, menghargai potensi siswa yang lemah/lamban dan memperlihatkan entuisme terhadap ide dan gagasan mereka, mendorong siswa untuk terus maju untuk mencapai sukses dalam bidang yang diminati dan penghargaan atas prestasi mereka, mendorong dan menghargai keterlibatan individu siswa secara penuh dalam proyek pembelajaran. Kedua, faktor pendukung dan penghambat kreativitas belajar siswa. Faktor pendukung kreativitas belajar diantaranya Orang tua yang penuh kasih sayang pada peserta didiknya, teman, tempat mengadu, dan mengutarakan perasaan bagi peserta didik,fasilitator yang selalau siap memberi kemudahan dan melayani peserta didik, memupuk rasa percaya diri, berani dan bertanggung jawab, membiasakan peserta didik untuk saling berhubungan dengan orang lain, mengembangkan proses sosialisasi yang wajar antarpeserta didik, orang lain, dan lingkungannya, mengembangkan kreativitas, menjadi pembantu ketika diperlukan. Faktor penghambat kreativitas belajar siswa diantaranya tidak ada dorongan bereksplorasi, jadwal yang terlalu ketat, terlalu menekankan kebersamaan keluarga, tidak boleh berkhayal, Orang tua konservatif, over protektif, disiplin otoriter
Tidak tersedia versi lain