Text
PENERAPAN METODE BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN SKI DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUS SHUDUR LARANGAN TOKOL TLANAKAN PAMEKASAN
Aminatus Syarifah, 2018, Penerapan Metode Bervariasi dalam Pembelajaran SKI di Madrasah Diniyah Miftahus Shudur Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci: Metode Bervariasi dan Pembelajaran SKI.
Dalam melaksanakan kegiatan proses Belajar Mengajar yang baik, penggunaan metode mengajar merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan, dan harus sesuai dengan situasi dan kondisi serta materi yang disampaikan. Dengan menerapkan metode mengajar yang baik dan bervariasi dapat menimbulkan motivasi yang lebih tinggi bagi siswa. Motivasi merupakan suatu dorongan yang merangsang kegiatan belajar mengajar. Perangsangan itu dapat berasal dari diri pribadi seseorang dan juga dapat berasal dari luar pribadi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan metode bervariasi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah Miftahus Shudur Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan; kedua, faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam penerapan metode bervariasi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru SKI dan guru kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode bervariasi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah Miftahus Shudur Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi, peta konsep (mind mapping), drill, menghafal cepat. Kemudian variasi metode dilaksanakan dengan teknik pembelajaran make a macth, card short, talking stick, snowball throwing.. Kedua, Faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan metode bervariasi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah Miftahus Shudur Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan adalah lemahnya rasa bertanggung jawab dalam diri guru, masalah yang ada pada diri guru di luar pembelajaran, dan kemampuan siswa dalam menerima cara mengajar guru dengan metode atau media tertentu yang telah direncanakan.
Tidak tersedia versi lain