Text
MOTIVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM BELAJAR PENDIDKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AMANATUL UMMAH BULANGAN BARAT KECAMATAN PEGANTENAN KABUPATEN PAMEKASAN
Megawati, 2018, Motivasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPI Amanatul Ummah Bulangan Barat Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Drs. H. Mohammad Hasan,M,Ag.
Kata Kunci : Motivasi Guru, Meningkatkan Minat Siswa Belajar Pendidikan Agama Islam
Motivasi dari guru akan meningkatkan minat peserta didiknya lebih optimal. Karena sebagian besar pendidikan itu akan berhasil bila ada motivasi yang kuat yang diberikan guru kepada siswanya dan untuk menunjang keberhasilan tersebut, guru harus benar-benar bisa dalam memotivasi siswa untuk menumbuhkan minat yang ada pada diri siswa. Karena dengan menumbuhkan rasa minat akan timbul rasa senang terhadap materi yang akan diajarkan. Dengan demikian, usaha guru untuk menumbuhkan minat belajar siswa harus maksimal.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama, Bagaimana motivasi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat siswa dalam belajar pendidikan agama Islam di SMPI Amanatul Ummah Bulangan Barat Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, kedua, Bagaimana bentuk motivasi yang di gunakan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat siswa dalam belajar pendidikan agama Islam di SMPI Amanatul Ummah Bulangan Barat Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, ketiga, Apa saja kendala yang dihadapi oleh guru pendidikan agama islam untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan minat siswa dalam belajar pendidikan agama Islam di SMPI Amanatul Ummah Bulangan Barat Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, Guru melakukan persiapan terlebih dahulu kemudian mempersiapkan buku-buku (materi) yang akan diajarkan guru sesuai dengan kurikulum yang ada. Kemudian guru memberikan praktek dan penghargaan secara langsung kepada siswa. Kedua, bentuk motivasi yang diberikan oleh guru yaitu berupa hadiah dan pujian bagi siswa yang berprestasi. Ketiga, kendala yang hadapi oleh guru dalam memotivasi siswa yaitu kurangnya konsentrasi siswa, untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan beberapa cara seperti memberikan hukuman atau teguran.
Tidak tersedia versi lain