Text
PERAN GURU MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) KB TARBIYATUL ATHFAL BUJUR TIMUR BATRUMARMAR PAMEKASAN
ABSTRAK
NURUL JANNAH, 2018, PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( PAUD) KB TARBIYATUL ATHFAL BUJUR TIMUR BATUMARMAR PAMEKASAN: PEMBIMBING Dr.MOHAMMAD THOHA, M.PD.I
KATA KUNCI : PERAN GURU, MEMBENTUK KARAKTER, ANAK USIA DINI.
PERAN GURU MERUPAKAN SEGALA TINDAKAN YANG HARUS DILAKUKAN GURU DIDALAM MELAKSANAKAN TUGASNYA SEBAGAI GURU, KARENA DENGAN ADANYA PERAN YANG DILAKUKAN OLEH SEORANG GURU AKAN MEMBANTU PESERTA DIDIK DALAM MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN.
BERDASARKAN HAL TERSEBUT MAKA ADA TIGA PERMASALAHAN YANG MENHJADI KAJIAN POKOK DALAM PENELITIAN INI: PERTAMA, BAGAIMANA PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) KB TARBIYATUL ATHFAL BUJUR TIMUR BATUMARMAR PAMEKASAN, KEDUA, APA SAJA METODE YANG DIGUNAKAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI (PAUD) KB TARBIYATUL ATHFAL BUJUR TIMUR BATU MARMAR PAMEKASAN; KETIGA, APA SAJA FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM M MEMEBENTUK KARAKTER ANAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) KB TARBIYATUL ATHFAL BUJUR TIMUR BATU MARMAR PAMEKASAN.
PEMNELITIAN INI MENGGUNAKAN PEDNDEKATAN KUALITATIF DENGAN JENIS FENOMENOLOGIS.SUMBER DATA YANG DI PEROLEH MELALUI WAWANCARA, OBSERVASI, DAN DOKUMENTASI. INFORMANNYA ADALAH KEPALA SEKOLAH GURU DAN ORANG TUA MURID. SEDANGKAN PENGECEKAN KEABSAHAN DATA DILAKUKAN MELALUI PERPANJANGAN KEIKUTSERTAAN, KETEKUNAN, PENGAMATAN DAN TRIANGULASI.
HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA: PERTAMA, PERAN GURU MEMPERMUDAH DAN SANGAT MEMBANTU ORANG TUA KETIKA MEMBERIKAN PENDIDIKAN YANG MAKSIMAL DIDALAM SEKOLAH, DISAMPING MEMPUNYAI ILMU JUGA BISA MEMFILTER PERGAULAN YANG BAIK .SELAIN ITU JUGA MAMPU MENGARAHKAN ANAK DIDIK KEPADA ARAH YANG BENAR SEBAB PERGAULAN SEKARANG SANGAT MEMPENGARUHUI KEPADA ANAK-ANAK, DENGAN ADANYA PERKEMBANGAN ZAMAN YANG SEMAKIN MODERN.SEHINGGA PERAN GURU SANGAT DIBUTUHKAN DALAM PENDIDIKAN MAUPUN NON PENDIDIKAN; KEDUA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR GURU MENGUNAKAN METODE BERVARIATIF SEPERTI CERAMAH BERNYANYI DAN KETELADANAN,, DENGAN DEMIKIAN GURU MENGGUNAKAN METODE YANG COCOK DENGAN JADWAL MATA PELAJARAN YANG DI AJARKAN. MISALNYA, DIDALANMYA TERDAPAT KETELADANAN YANG BISA DITERAPKAN DALM SETIAP HARI YANG SELALU MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER YANG BAIK; KETIGA ;FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER KARAKTDER SISWA.KARAKTER SISWA TENTUNYA BERBEDA-BEDA, DENGAN ADANYA KARAKTER YANG DIMILIKI SISWA YANG TIDAK SAM MAKA DALAM PENYAMPAIAN MATERI TIDAK SEMUA SISWA DAPAT MEMAHAMI APA YANG DISAMPAIKAN OLEH GURU.
DENGAN DEMIKIAN PERLU ADANYA KREATIFITAS GURU UNTUK LEBIH CERMAT DALAM PEMILIHAN METODE MENGAJAR, PENDEKATAN MENGAJAR DAN SEBAGAINYA.
Tidak tersedia versi lain