Text
PENGEMBANGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI BELAJAR KELOMPOK DI MI TARBIYATUL BANIN V BUJUDAN PAMOROH KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Raodah, 2018, Pengembangan Kreativitas Belajar Siswa melalui Belajar Kelompok di MI Tarbiyatul Banin V Bujudan Pamoroh Kadur Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci: Pengembangan Kreativitas Belajar dan Belajar Kelompok.
Perlu diketahui, bahwa kreativitas juga mempunyai makna yang lebih khusus dikalangan banyak ahli pikir dan berkaitan dengan menciptakan sesuatu yang baru, sesuatu yang mempunyai wujud yang membedakan tentang wujud orang yang menciptakannya. Seperti menciptakan alat-alat baru, menciptakan teknik-teknik baru untuk mengerjakn sesuatu atau menambahkan sesuatu yang baru dalam bidang sains, seni atau sastra dan lain-lain yang sesuai dengan kreativitas masing-masing.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permaslahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana kreativitas belajar siswa melalui belajar kelompok di MI Tarbiyatul Banin V Bujudan Pamoroh Kadur Pamekasan; kedua, Apa saja faktor penghambat dan pendukung kreativitas belajar siswa melalui belajar kelompok; ketiga: Apa saja upaya guru dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa melalui belajar kelompok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru PAI dan guru kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang diperdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pengembangan kreativitas belajar siswa melalui belajar kelompok di MI Tarbiyatul Banin V Bujudan Pamoroh Kadur Pamekasan, dengan memperbanyak latihan-latihan sehingga hubungan tersebut dapat membentuk kebiasaan-kebiasaan yang dapat berjalan secara konstan. Di samping itu siswa diberi banyak waktu ekstra, untuk belajar kelompok yang prosesnya tidak lepas dari motivasi, bimbingan, pengawasan dan evaluasi kepala madrasah maupun para guru. Kedua, Faktor yang mendukung terhadap kreativitas belajar siswa melalui belajar kelompok secara global yaitu motivasi siswa itu sendiri, baik berupa motivasi intrinsik yang berasal dari dalam diri siswa sendiri. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat, seperti rendahnya kemampuan intelektual siswa, minimnya kemampuan memahami, kurangnya motivasi untuk mengembangkan kreativitas belajarnya; ketiga: Upaya guru dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa melalui belajar kelompok, dengan memberikan kepada siswa kesempatan untuk berkomunikasi ilmiah secara bebas tapi terarah dan diberi pengawasan yang tidak terlalu ketat dan otoriter, guru juga memonitor kemajuan dan memberikan penguatan pada siswa yang dalam proses belajar, memanfaatkan sumber belajar di sekolah.
Tidak tersedia versi lain