Text
MANAJEMEN PEMBINAAN PESERTA DIDIK DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DI SMA ISLAM BUSTANUS SHIBYAN BULMATET KARANG PENANGSAMPANG
ABSTRAK
Ahmad Khoiri, 2018,ManajemenPembinaanPesertaDidikDalamPeningkatanMotivasiBelajar Di SMA Islam BustanusShibyanBulmatetKarang Penang Sampang, Skripsi, Program StudiManajemenPendidikan Islam, JurusanTarbiyah, InstitutAgama Islam Negeri Madura, Pembimbing: SaifulHadi, M. Pd.
Kata kunci:PembinaanPesertaDidik, MotivasiBelajar.
Manajemenpembinaanpesertadidikdalampeningkatanmotivasibelajar di SMA Islam BustanusShibyanBulmatetKarang Penang Sampang, pendidikanSMA Islam BustanusShibyantersebutmerupakanlembagapendidikan yang terletak di area pedesaan yang sudahberdiripadatahun 2014dalammelakukanpembinaanpendidikantersebutmelaluiprogram kegiatankurikulerdanekstrakurikuler.
Berdasarkanhaltersebut, makaadafokuspenelitian yang menjadipokokpenelitianini, yaitu:Pertama,Bagaimanakepalasekolahmerancang program pembinaanpesertadidikdalampeningkatanmotivasibelajar di SMA Islam BustanusShibyanBulmatetKarang Penang Sampang.Kedua,Bagaimanapelaksanaanpembinaanpesertadidik di SMA Islam BustanusShibyanBulmatetKarang Penang Sampang.Ketiga,Bagaimanapengawasan yang dilakukanoleh kepala sekolah dalam program pembinaanpesertadidik di SMA Islam BustanusShibyanBulmatetKarang Penang Sampang.Keempat,Bagaimanacarakepala sekolah dalammengevaluasipembinaanpesertadidik di SMA Islam BustanusShibyanBulmatetKarang Penang Sampang.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisdeskriptifstudikasus.Sumber data yang diperolehmelaluiwawancara, observasidandokumentasi.Kemudian data tersebut di analisisdengananalisis data melaluireduksi data, display data, kesimpulandanvarifikasi.Kemudianseluruh data dicekkeabsahannyadenganperpanjangankeikutsertaan, ketekunanpengamatan, triangulasi, uraianrinci.
Hasilpenelitianmenunjukanbahwa: Pertama,Kepalasekolahdalammerancang program pembinaanpesertadidikdalampeningkatanmotivasibelajar di SMA Islam BustanusShibyanBulmatetdalamhalinikepalasekolahmemberikanwewenanglangsungterhadapwakakesiswaanuntukmerancang program kegiatandankepelasekolahhanyamenyetujuiatautidakterhadap program tersebut. Kedua,Pelaksanaan program pembinaanpesertadidikdalampeningkatanmotivasibelajardi SMA Islam BustanusShibyanBulmatetdilakukanoleh guru melaluikegiatankurikuleryaitukegiatanbelajarmengajar (KBM)sepertimembacakitabkuningmaupunekstrakurikuleryaituosis, pramuka, shalatdhuha. Ketiga,Kepalasekolahmelakukanpengawasan program pembinaanpesertadidik di SMA Islam BustanusShibyanBulmatetdengancaramelihatlangsungpadasaatpelaksaankegiatanataubertanyakepadapembina/guru. Keempat,Kepalasekolahmelakukanevaluasiuntukmengetahuikendala-kendalasertakeberhasilanterhadap program yang dilaksanakandengancarabertanyalangsungpadapembina/guru ataumelaluirapatbersama.
Tidak tersedia versi lain