Text
PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS IV, V & VI DI SDN DAPENDA II BATANG-BATANG SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2017-2018
ABSTRAK
Sofiyathul Khoiro 2018, Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas IV, V dan Vi di SDN Dapenda II Batang-batang Sumenep Tahun Pelajaran 2017-2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, PembimbingDr. Mohammad Thoha, M. Pd.I
Kata kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam danKecerdasan Spiritual
Pembelajaran pendidikan agama islama adalah proses kerjasama antara guru dan siswa dalam memanfaatkan segala potensi dan sumber yang ada baik potensi yang bersumber dari dalam diri siswa maupun lingkungan dalam menyiapakan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, bertakwa dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama islam yang bersumber dari Al-qur’an dan Al-hadist.
Kecerdasan spiritual adalah kemampuam untuk menghidupkan kebenaran yang paling dalam yaitu mewujudkan hal yang terbaik , utuh dan paling manusiawi dari dalam batin.
Ada dua permasalahan yang menjadi kunci pokok dalam penelitian ini, pertama, ada tidaknya pengaruh pembelajaran pendidikan agama islam terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas IV, V dan VI di SDN Dapenda II Batang-batang Sumenep. Kedua, seberapa besar pengaruh pembelajaran pendidikan agama islam terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas IV, V dan VI di SDN Dapenda II Batang-batang Sumenep Tahun Pelajaran 2017-2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.penelitian ini termasuk penelitian populatifyaitu seluruh siswa SDN Dapenda II Batang-batang Sumenep kelas IV, V dan VI yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik dengan teknik product moment.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, ada pengaruh pembelajaran pendidikan agama islam terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas IV, V dan VI di SDN Dapenda II batang-batang Sumenep Tahun Pelajaran 2017-2018. Hasil ini diperoleh dari analisis statisti dengan menggunakan product moment yang menunjukkan bahwa “r” dengan N=30 adalah 0,648. Sedangkan “r”tabel Product Moment diperoleh nilai 0,361(dalam interval 95%) atau 0,463 (dalam interval 99%) dengan demikian “r” kerja lebih besar dari “r” tabel 0,648>0,463. Kedua tingkat pengaruh pembelajaran pendidikan agama islam terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas IV, V dan VI di SDN Dapenda II Batang-batang Sumenep Tahun Pelajaran 2017-2018 cukup signifikan. Hal ini di ketahui nilai “r” kerja 0,648 berada pada tarap antara 0,600-0,800 dengan interpretasi cukup.
Tidak tersedia versi lain