Text
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH LUGHATUL ISLAMIYAH DESA LEGUNG TIMUR KECAMATAN BATANG-BATANG KABUPATEN SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2017-2018
ABSTRAK
Yuliana, 2018, Upaya Guru DalamMeningkatkanHasilBelajarFiqih Di MiLughatulIslamiyahDesaLegungTimurKecamatanBatang-BatangKabupatenSumenep, Skripsi, JurusanTarbiyah, Program PAI, Pembimbing:
Kata Kunci: Upaya Guru.
Ada tigapermasalahan yang menjadikajianpokokdalampenelitianini, Pertama,metode pembelajaran fiqih di MI. LughatulIslamiyahDesaLegungTimurKecamatanBatang-batangKabupatenSumenep.Kedua, Upaya guru dalammeningkatakanhasilbelajarfiqih di MI. LughatulIslamiyahDesaLegungTimurKecamatanBatang-BatangKabupatenSumenep. Ketiga, faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar fiqih di MI. LughatulIslamiyahDesaLegungTimurKecamatanBatang-BatangKabupatenSumenep.
Lokasipenelitiandiambil di MI. LughatulIsalamiyahKecamatanBatang-BatangKabupatenSumenep.Pendekatanpenelitian yang digunakanadalahkualitatif, sumber data diperolehmelaluiobservasi, wawancara, dokumentasi.Teknikpengecekankeabsahan data melaluiperpanjangankeikutsertaan, ketekunanpengamatan, triangulasi.Informanatausubjekadalahkepalasekolah, guru, siswa, TU danmasyarakat.Analisis data yang digunakandalammenelitiadalahuntukmemperkuathasiltemuan yang dilakukanuraiansecaraterperincidanjelas.
Dari hasilpenelitianlapanganmenunjukkanbahwa: Pertamametodepembelajaranyang digunakanadalahdengandiskusidanceramah. Kedua, upaya guru dalammeningkatkanhasilbelajaryaitusemua guru aktifdanbersikapdisiplindalammengajar.Karena yang terpentngadalahbagaimanakitamenanamkansikappadaanakbukanhanyateorisajadanjugadariberbagaikegiatan yang diberikan guru kepadasiswamendapatdukungandarikepalasekolah, sehingga guru bekerjasecara professional danakhiryahasilbelajar pun lebihmaksimal. KetigaFaktorpendukungadalahsiswadan guru secaraaktifbersamadalam proses belajarmengajar, guru bersikap professional sertadukunganpositifdarikepalasekolah. Sedangkan factor penghambatnyaadalahminimnyasarana yang ada, meskiadabeberapa guru yang sudahmempunyai laptop tetapitidaksemuanyamemiliki.
Tidak tersedia versi lain