Text
PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH MUSTHA TARBIYATUL BAINI II SUMBER BATU BLUMBUNGAN LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Sunardi, 2018,Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Tarbiyatul Banin II Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: R. Taufiqurrahman, M.Pd.
Kata kunci: Kepala Madrasah, AkidahAhlak.
Penelitian ini dilatar belakangi olehsikapdansifat para siswa yang semakinharisemakinterpengaruholeharusglobalisasi, mengingatbahwapemudamerupakanharapan agama danbangsa, makaperlukiranyabagikepala madrasah beserta guruuntukmendidiksiswa agar tidakterjerumuskedalampergaulanbebas, dengancaralebihmeningkatkanmutupembelajaranakidahahlak di MDTWTarbiyatul Banin IIBlumbungan Larangan Pamekasan.
Berdasarkan hal diatas, maka permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertamaperankepala madrasah dalammeningkatkanmutupembelajaranakidahahlak di MDTW TarbiyatulBanin II BlumbunganLaranganPamekasan, kedua Upayakepala madrasah dalammeningkatkanmutupembelajaranakidahahlak di MDTW TarbiyatulBanin II BlumbunganLaranganPamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah prosedur pengumpulan data diperleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi informandalampenelitianini adalah kepala sekolah, guru, serta siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Tarbiyatul Banin IISumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaanpeneliti, triangulasi, analisakasusnegatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:pertama, Peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Akidah Ahlak di MDTW Tarbiyatul Banin IIadalah memeberikan dorongan kepada guru untuk dapat mempersiapkan materi pelajaran dan dapat meningkatkan cara mengajarnya sehingga ia dapat mengembangkan kemampuannya sebagai tenaga pendidik, juga berperan sebagai pemantau dan fasilitator bagi guru, memberikan bimbingan kepada guru beserta murid, memberikan bantuan pengawasan dan penilaian masalah-masalah yang berhubungan dengan teknis berupa perbaikan program dan kegiatan pendidikan berupa kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru.. kedua, Upaya yang di lakukan kepala madrasah untuk meningkatkan mutu pembelajaran Akidah Ahlak di MDTW tarbiyatul banin II Sumber Batu adalah meningkatkan kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran akidah akhlak, kreativitas guru dalam memilih metode dan media pembelajaran akidah akhlak, serta kegiatan-kegiatan yang mendukung walaupun secara tidak langsung seperti PHBI, Malam lailatul Muhasabah, lomba Tamu Menamu dan lain-lain.
ABSTRAK
Sunardi, 2018,Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Tarbiyatul Banin II Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: R. Taufiqurrahman, M.Pd.
Kata kunci: Kepala Madrasah, AkidahAhlak.
Penelitian ini dilatar belakangi olehsikapdansifat para siswa yang semakinharisemakinterpengaruholeharusglobalisasi, mengingatbahwapemudamerupakanharapan agama danbangsa, makaperlukiranyabagikepala madrasah beserta guruuntukmendidiksiswa agar tidakterjerumuskedalampergaulanbebas, dengancaralebihmeningkatkanmutupembelajaranakidahahlak di MDTWTarbiyatul Banin IIBlumbungan Larangan Pamekasan.
Berdasarkan hal diatas, maka permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertamaperankepala madrasah dalammeningkatkanmutupembelajaranakidahahlak di MDTW TarbiyatulBanin II BlumbunganLaranganPamekasan, kedua Upayakepala madrasah dalammeningkatkanmutupembelajaranakidahahlak di MDTW TarbiyatulBanin II BlumbunganLaranganPamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah prosedur pengumpulan data diperleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi informandalampenelitianini adalah kepala sekolah, guru, serta siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Tarbiyatul Banin IISumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaanpeneliti, triangulasi, analisakasusnegatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:pertama, Peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Akidah Ahlak di MDTW Tarbiyatul Banin IIadalah memeberikan dorongan kepada guru untuk dapat mempersiapkan materi pelajaran dan dapat meningkatkan cara mengajarnya sehingga ia dapat mengembangkan kemampuannya sebagai tenaga pendidik, juga berperan sebagai pemantau dan fasilitator bagi guru, memberikan bimbingan kepada guru beserta murid, memberikan bantuan pengawasan dan penilaian masalah-masalah yang berhubungan dengan teknis berupa perbaikan program dan kegiatan pendidikan berupa kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru.. kedua, Upaya yang di lakukan kepala madrasah untuk meningkatkan mutu pembelajaran Akidah Ahlak di MDTW tarbiyatul banin II Sumber Batu adalah meningkatkan kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran akidah akhlak, kreativitas guru dalam memilih metode dan media pembelajaran akidah akhlak, serta kegiatan-kegiatan yang mendukung walaupun secara tidak langsung seperti PHBI, Malam lailatul Muhasabah, lomba Tamu Menamu dan lain-lain.
Tidak tersedia versi lain