Text
Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMA Dharma Tanjung
ABSTRAK
SULFIYAH, 2018, Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMA Dharma Tanjung, Skripsi, Program studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil. I.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kopetensi Kepribadian, Pembentukan Karakter
Kompetensi Kepribadian adalah salah satu dari empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru: a) kompetensi pedagogik; b) kompetensi professional; c) kompetensi sosial; dan d) kompetensi kepribadian. Kompetensi kepribadian guru sangat penting karena guru merupakan teladan bagi siswanya. Guru yang berkepribadian baik akan disenangi oleh siswanya bahkan akan di contoh prilakunya.
Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah: pertama, Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap Pembentukan Karakter siswa di SMA Dharma Tanjung?; kedua, Seberapa besar pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap Pembentukan Karakter siswa di SMA Dharma Tanjung?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI dan XII yang berjumlah 105 siswa.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan yaitu: Pertama Kompetensi Kepribadian memberikan pengaruh pada Pembentukan Karakter siswa SMA Dharma Tanjung, hal ini bisa dilihat dari hasil ‘r’ kerja lebih besar dari harga ‘r’ kritik yang tertera dalam tabel, yaitu “r” kerja = 0.331 > “r” tabel = 0,195 untuk interval kepercayaan 95% dan “r” kerja = 0.331 > harga kritik “r” tabel = 0,256 untuk interval kepercayaan 99%. Kedua Pengaruh Kompetesi Kepribadian Guru PAI terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMA Dharma Tanjung masuk dalam kategori “Rendah”, hal itu bisa dilihat dari “r” kerjanya dengan angka 0,331 berada pada rentang 0,200 sampai dengan 0,400, dan rentang angka tersebut pada tabel Interpretasi Korelasi Product Moment, menunjukkan korelasinya adalah “Rendah.” Ketiga hasil wawancara dengan guru PAI dan salah satu siswa menyatakan Kompetensi Guru PAI memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter siswa. Keempat hasil observasi yang dapat dinyatakan bahwasanya kompetensi kepribadian guru PAI di SMA Dharma Tanjung cukup baik terbukti dari kinerjanya dan cara memperlakukan siswanya. Begitupun dengan siswanya, memiliki karakter yang baik, yang bisa dilihat dari prilaku siswa disekolah. Hal ini tidak lepas dari adanya dorongan/pengaruh dari guru PAInya.
Tidak tersedia versi lain