Text
Optimalisasi Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Madrasah Aliyah Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan
ABSTRAK
Moh. Hasan, 2018, Optimalisasi Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Madrasah Aliyah Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Dr. H. Taufiqurrahman, M.Pd
Kata Kunci: Optimalisasi Pengelolaan, Sarana dan Prasarana
Fasilitas sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan. Kelengkapan dan ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan di sekolah sangat berpengaruh terhadap kefektifan dan kelancaran proses pembelajaran di kelas. Optinalisasi pengelolaan sarana dan prasarana adalah suatu upaya luar biasa yang dilaksanakan dengan maksimal dalam rangka menjadikan lembaga yang maju, terampil, serta dedikatif. Semua fasilatas sarana dan prasarana yang tersedia dijaga dengan baik agar dapat menunjang terhadap proses pembelajaran dan digunakan sesuai kebutuhan, sehingga praktek di kelas dapat berjalan lancar dan tujuan pendidikan depat tercapai.
Ada empat fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana optimalisasi pengelolaan sarana di Madrasah Aliyah Tarbiyatun Nasyiin? (2) Bagaimana optimalisasi pengelolaan prasarana di Madrasah Aliyah Tarbiyatun Nasyiin? (3) Apa saja faktor-faktor pendukung pelaksanaan optimalisasi pengelolaan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Tarbiyatun Nasyiin? (4) Apa saja faktor-faktor penghambat pelaksanaan optimalisasi pengelolaan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Tarbiyatun Nasyiin?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan optimalisasi pengelolaan sarana di Madrasah Aliyah Tarbiyatun Nasyiin. (2) Untuk mendeskripsikan optimalisasi pengelolaan prasarana di Madrasah Aliyah Tarbiyatun Nasyiin. (3) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung pelaksanaan optimalisasi pengelolaan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Tarbiyatun Nasyiin. (4) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat pelaksanaan optimalisasi pengelolaan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangkulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) MA. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan dalam mengoptimalkan pengelolaan sarana dan prasarana merupakan suatu langkah konkrit yang progresif dalam menunjang lembaga yang lebih prestasius. (2) Langkah konkrit yang dilakukan untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana adalah; pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan dan pengelolaan. (3) Faktor pendukung ialah adanya sebuah kerja sama yang baik dari seluruh warga sekolah baik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. (4) Faktor penghambat adalah kurangnya fasilitas yang tersedia yang dianggap kurang maksimal, dan juga kurangnya suntikan pendanaan yang kurang maksimal.
Tidak tersedia versi lain