Text
Penerapan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMP Plus Darul Ulum Blumbungan Larangan Pamekasan
ABSTRAK
Imam Fadhali, 2018, Penerapan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMP Plus Darul Ulum Blumbungan Larangan Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing: H. Mohammad Hasan , M.Ag.
Kata Kunci: Materi pembelajaran pendidikan agama islam, membentuk karakter siswa
Skripsi ini menjelaskan Tentang Penerapan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMP Plus Darul Ulum Blumbungan Larangan Pamekasan .Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang di bahas oleh peneliti, pertama, Bagaimana metode penerapan materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMP Plus Darul Ulum Blumbungan Larangan Pamekasan. Kedua tentang apa faktor yang mendukung dan menghambat guru dalam membentuk karakter siswa di SMP Plus Darul Ulum Blumbungan Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah guru dan siswa di SMP Plus Darul Ulum Blumbungan Larangan Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dapat dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan Analisis asus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama metode penerapan materi pai daam membentuk karakter siswa di SMP plus darul ulum Blumbungan Larangan Pamekasan. (a) memberikan materi-materi yang positif dalam proses pembelajaran, (b) menggunakan pola pembiasaan seperti membiasakan berdoa ketika mau memulai mata pelajaran dan di tutup dengan pembacaan hamdalah ketika selesai pelajaran di kelas, membiasakan membaca surat-surat pendek. Kedua faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk karakter siswa di SMP plus Blumbungan Larangan pamekasan. (a) Faktor pendukung ada Tata Tertib Sekolah, kedisiplinan Guru dan Karyawan, Orang Tua Siswa, dan sarana dan prasarana. (b) Faktor penghambat adalah Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah atau Teman Sekolah, dan Lingkungan Masyarakat.
Tidak tersedia versi lain