Text
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MIFTAHUL QULUB POLAGAN GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Muslichol Fachri , 2017, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Pamekasan, Pembimbing. Bapak Mohammad Hasan., M.Ag
Kata Kunci: Guru, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqih
Problematika dunia pendidikan saat ini merupakan permasalahan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, bahkan tidak dapat dipisahkan baik dalam kehidupan keluarga, maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Maju mundurnya suatu bangsa sebagian besar ditentukan oleh maju mundurnya pendidikan di negara tersebut, karena pendidikan tersebut mempunyai fungsi yaitu memelihara dan mengembangkan fitrah, serta sumber daya insani yang ada pada subyek didik menuju terbentuknya manusia seutuhnya (insan kamil) sesuai norma Islam.dengan demikian, apabila sebuah metode yang digunakan guru tidak mendorong munculnya prestasi belajar siswa yang memuaskan,guru dianjurkan mengganti metode tersebut atau mengombinasikannya dengan metode lain yang serasi
Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.yaitu: Pertama, Bagaimanakah Proses Belajar Mengajar Fiqih dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Polagan Galis Pamekasan;
Kedua, apa sajakah upaya yang dilakukan oleh Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Polagan Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik pengecekan keabsahan data meliputi: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya Guru dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan Pertama, Proses belajar mengajar Fiqih di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan ini terlaksana sebanyak satu kali dalam seminggu dengan waktu 2x40 menit di setiap kelasnya. Kedua, Upaya guru Fiqih dalam mengetahui kemampuan guru Fiqih di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan dalam memahami atau menguasai cara yaitu dengan mengemas dan menyederhanakan materi yang terlalu sulit dan banyak sehingga siswa akan mudah dan dapat mengetahui kemampuan masing-masing siswa dalam mempelajari materi pelajaran Fiqih. Serta didukung dengan menggunakan metode yang bervariasi (ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan lain-lain). Ketiga, Guru Fiqih berhasil menciptakan proses belajar mengajar sebagai kegiatan aktif siswa dalam menemukan dan membangun makna atau pemahaman nilai-nilai, serta ketentuan-ketentuan yang terkandung dalam Fiqih Islam.
Tidak tersedia versi lain