Text
URGENSI RENCANA KERJA MADRASAH (RKM) DALAM MENINGKATAKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS BUSTANUL ULUM ANGSANAH PALENGAAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Muaddin, 2017, Urgensi Rencana Kerja Madrasah (RKM) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Dr. H. Mohammad. Kosim, M.Ag
Kata kunci : rencana kerja Madrasah (RKM) , dan mutu pendidikan
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana prosedur pembuatan rencana Kerja Madrasah (RKM ) dalam meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan? (2) Apa saja faktor pendorong dalam pelaksanaan rencana Kerja Madrasah (RKM) dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan? (3). Bagaimana gambaran urgensi RKM dalam peningkatana mutu Pendidikan di MTs Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) Untuk mengetahui prosedur pembuatan rencana Kerja Madrasah (RKM ) dalam meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan (2) Untuk mengetahui faktor pendorong dalam pelaksanaan rencana Kerja Madrasah (RKM) dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan, (3) untuk mengetahui gambaran urgensi RKM dalam peningkatana mutu Pendidikan di MTs Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitaif, sumber data penelitian ini adalah kepala, guru dan sebagian siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengecekan pengorganisasian, dan pengkodean. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Prosedur penyusunan rencana kerja madrasah berkaitan dengan 1) tahap persiapan yakni sebelum perumusan RKM kepala madrasah, dan guru bersama komite membentuk tim perumus RKM, 2) Perumusan RKM dalam hal ini ada empat kali tahapan (a. Tahap Identifikasi Tantangan b. Tahap Aanalisis pemecahan tantangan dan rencana strategis, c. penyusunan program, d. Tahap penysunan rencana biaya dan pendanaan, sumua ini bermuara pada terciptanya pendidikan yang bermutu 3) Pengesahan RKM, (setelah RKM selesai disusun oleh TPRKM , RKM dibahas bersama oleh kepala sekolah, semua waka, semua guru, TU, dan siswa serta yayasan, komite untuk mengkaji ulang agar RKM yang telah dikaji menjadi milik bersama dan sesuai dengan yang diharapkan), tapi semua hasil ini dapat dipertanggungjawabkan secure bersama, dan kepala sekolah selalu memantau (2) Faktor pendorong dalam pelaksanaan rencana Kerja Madrasah (RKM) dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan adalah adanya regulasi yang telah berjalan baik, profesional dan mampu mempengaruhi orang. Sistem kerja yang diterapkan dijalankan dengan transparan dan demokrasi, serta melibatkan semua komponen yang ada. Hal ini yang mampu mengimbangi kepala sekolah Bustanul Ulum dalam memimpin dan memenej RKM MTs yang beliau pimpin (3) Gambaran urgensi RKM dalam peningkatana mutu Pendidikan di MTs Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan, sangat dibutuhkan dimana karena telah di atur dalam peraturan dan juga untuk menselaraskan dengan keadaan di lembaga sehingga lembaga pendidikan yang ada dapat menjadi pendidikan yang berkualitas.bagi MTs Bustanul Ulum angsanah Palengaan Pamekasan RKM adalah garis-garis besar dalam menjlankan pendidikan
Tidak tersedia versi lain