Text
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN MUTU MTs NASYIATUS SYUBBAN TOBUNGAN GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Helwiana, 2018, Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Mutu MTs Nasyiatus Syubban Tobungan Galis Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI Jurusan Tarbaiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Drs. H. Saiful Arif, M.Pd
Kata Kunci : Partisipasi, Masyarakat, Mutu Madrasah
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya, madrasah tidak hanya berurusan pada aspek belajar mengajar saja, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah mutu madrasah. Namun, madrasah tidak dapat berdiri sendiri dan maju dalam waktu relatif yang cepat tanpa ada kerjasama dan bantuan dari masyarakat sekitarnya.
Dalam penelitian ini, ada tiga fokus yang penulis teliti, yaitu: pertama, bagaimana motivasi keikutsertaan masyarakat dalam pengembangan mutu madrasah di MTs Nasyatu Syubban Tobungan Galis Pamekasan; kedua, apa bentuk keikutsertaan masyarakat dalam pengembangan mutu madrasah di MTs Nasyiatu Syubban Tobungan Galis Pamekasan; ketiga, bagaimana langkah-langkah keikutsertaan masyarakat dalam pengembangan mutu madrasah di MTs Nasyatu Syubban Tobungan Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumberdata diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, komite, tokoh masyarakat, wali murid dan masyarakat sekitar MTs Nasyiatus Syubban. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, yang menjadi motivasi keikutsertaan masyarakat dalam pengembangan mutu MTs Nasyiatus Syubban Tobungan Galis Pamekasan adalah: 1) Motivasi masyarakat dalam mengembangkan mutu madrasah yaitu, masyarakat memiliki persepsi yang baik terhadap madrasah, bahwa madrasah juga mampu bersaing dengan lembaga lain, juga mampu mengahsilkan lulusan yang berprestasi. 2). Motivasi masyarakat dalam mengembangkan mutu madrasah yaitu, masyarakat merasa bahwa, lembaga dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat sekitar.3). Motivasi masyarakat dalam mengembangkan mutu madrasah yaitu, masyarakat menganggap lembaga pendidikan sebagai tempat pembahruan. 4). Tingkat penghasilan masyarakat juga menjadi motivasi masyarakat untuk berpartisipasi atau beperanserta dalam pengembangan mutu madrasah. Kedua, bentuk keikutsertaan masyarakat dalam pengembangan mutu madrasah di MTs Nasyiatus Syubban Tobungan Galis Pamekasan adalah: 1). Pemikiran atau ide. 2). Tenaga. 3). Material. 4). Finansial atau dana. 5).Berupa dukungan. Ketiga,1) langkah-langkah keikutsertaan kepala desa yaitu, kalau sumbangan berupa material itu langkah awalnya, saya meminta masing-masing kutua dusun berkumpul di balai desa untuk bermusyawarah. Setiap dusun diminta mengajukan pembangunan yang paling dibutuhkan, kebetulan ada yang mengusulkan lembaga madrasah untuk diberikan sumbangan batu paving, karena kalau hujan sering becek, kemudian usulan tersebut di usulkan ke Musrembang dan usulan tersebut dikabulakan, sehingga dapat terlealisasi. 2)Langkah-langkah keikutsertaan masyarakat dalam bentuk berasyaitu sama seperti biasa, setiap panen padi, padi tersebut dijemur terlebih dahulu selama tiga hari hingga kering, kemudian padi tersebut digiling hingga menjadi beras. Kemudian saya mengantarkan beras tersebut ke kediaman K.H Makhtum untuk disumbangkan kepada madrasah 3). Sedangkan langkah-langkah keikutsertaan masyarakat dalam bentuk les gratis yaitu, awalnya untuk tahun pertama itu dari kelas 3, karena untuk persiapan UN, kemudian untuk tahun berikutnya untuk kelas 1 dan kelas 2. Sebelumnya, saya menyampaikan terlebih dahulu kepada siswa MTs Nasyiatus Syubban Tobungan Galis Pamekasan, bahwa saya mengadakan les gratis dan akan dilaksanakan pada setiap malam senin. Siswa sangat gembira, dengan dukungan orang tua, siswa hadir ke rumah dan mengikuti kegiatan les, sehinga kegiatas les terus berjalan sampai sekarang.
Tidak tersedia versi lain