Text
MOTIVASI GURU DALAM PENGEMBANGAN RANAH EFEKTIF SISWA DI SDN DASOK II PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Elisa Umami, 2018, Motivasi Guru dalam Pengembangan Ranah Afektif Siswa di SDN Dasok II Pademawu Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Nor Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Motivasi guru, Pengembangan Ranah Afektif Siswa
Motivasi dari guru akan menghasilkan pembentukan ranah afektif peserta didiknya menjadi lebih optimal, karena sebagian besar pendidikan itu akan berhasil bila ada motivasi yang kuat yang diberikan guru kepada siswanya dan untuk menunjang keberhasilan tersebut, guru harus benar-benar mampu dalam menanamkan nilai-nilai budi pekerti yang baik, dan guru juga harus mampu dalam menyikapi perbedaan setiap anak dari segi aspek afektifnya.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama,Bagaimana bentuk motivasi guru kepada siswa dalam pengembangan ranah afektifdi SDN Dasok II Pademawu Pamekasan; kedua, Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan ranah afektif siswa di SDN Dasok II Pademawu Pamekasan; Dan ketiga, Langkah-langkah apayang dilakukan guru untuk memotivasi siswa dalam pengembangan ranah afektif di SDN Dasok II Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan Keikut sertaan, Ketekunan peneliti, dan Triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Bentuk motivasi yang diberikan guru misalnya, sebelum memulai pelajaran dengan cara menjelaskan materi dan tujuan yang ingin dicapai, memberikan semangat serta membangkitkan minat siswa dengan cara menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar lebih giat lagi dalam belajar, dan memotivasi mereka untuk selalu bersikap baik, menghormati guru dengan bersikap sopan dan bertutur kata yang santun terhadap guru, dan hukuman atau sanksi terhadap murid yang kurang menghormati guru pada saat menerangkan materi pelajaran.Kedua, Faktor yang mempengaruhi terhadap ranah afektif siswa meliputi tiga faktor yaitu dari keluarga, faktor di sekolah juga merupakan penunjang yang paling penting terhadap pembentukan ranah afektif siswa, dan faktor lingkungan masyarakat sekitar juga dapat meningkatkan pembentukan ranah afektif setiap anak. Dan ketiga,Langkah-langkah untuk memotivasi siswa dalam pengembangan ranah afektif seperti pola bimbingan secara langsung, pengawasan secara ekstra, bentuk kerja sama antara guru dengan siswa, pola pembiasaan bersikap yang baik maupun pemberian contoh yang baik kepada siswa didalam kelas maupun diluar kelas.
Tidak tersedia versi lain